Lamongan, Jatim (ANTARA) - Tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) Pilkada Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, diminta pemerintah setempat menandatangani kepatuhan protokol kesehatan saat kampanye, untuk menghindarkan klaster baru dalam pesta demokrasi tersebut.

Bupati Lamongan, Fadeli di Lamongan, Kamis bahkan memperingatkan agar saat kampanye seluruh pasangan calon tetap mentaati protokol kesehatan secara ketat.

"Tren kenaikan angka COVID-19 di Kabupaten Lamongan beberapa hari ini sempat stabil. Saya berharap kepada seluruh bapaslon cabup-cawabup untuk komitmen taati protokol kesehatan saat kampanye," kata Fadeli, saat Kampanye Penggunaan Masker dan Pembagian Masker dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19 di Ruang Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, Kamis.

Baca juga: 45 kabupaten/kota penyelenggara pilkada masuk zona merah

Fadeli juga meminta agar seluruh partai pendukung mengikuti Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19, serta Perbup nomor 35 tahun 2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 dalam status transisi darurat ke pemulihan.

"Kita semua harus mengikuti Inpres juga Perbup dalam mengantisipasi serta berupaya keras termasuk para paslon dan tim pendukungnya untuk komitmen menjaga protokol kesehatan. Ini tidak hanya berbicara Pilkada, tapi tentang kesehatan masyarakat," katanya, menjelaskan.

Sementara itu, Kapolres Lamongan AKBP Harun yang hadir dalam acara itu menekankan agar pilkada dapat berjalan aman, nyaman, kondusif, dan sehat meski di tengah pandemi.

"Oleh karena itu, seluruh elemen masyarakat tak terkecuali wajib menyatukan langkah untuk mentaati protokol kesehatan. Semua harus berkomitmen agar dapat terlaksana dengan aman, nyaman, kondusif, dan sehat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, tiga bapaslon sepakat meneken komitmen patuhi protokol kesehatan, masing-masing pasangan Suhandoyo-Muhammad Suudin, Kartika Hidayati- Sa’im, dan Yuhronur Efendi-KH Abdul Rouf.

Selain ketiga bakal paslon, penandatanganan komitmen patuhi protokol kesehatan juga dilakukan seluruh parpol dan tim pendukung, serta seluruh organisasi masyarakat di Kabupaten Lamongan dalam menyukseskan Pilkada 2020.

Baca juga: Polri ingatkan netralitas anggotanya di Pilkada Serentak 2020
Baca juga: Satgas rilis rekomendasi metode kampanye Pilkada Serentak 2020

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020