Catur

FIDE umumkan Turnamen Kandidat Catur 2020 berlanjut November

FIDE umumkan Turnamen Kandidat Catur 2020 berlanjut November

Juara dunia catur, Grand Master Magnus Carlsen dari Norwegia (Reuters) (1)

Jakarta (ANTARA) - Federasi Catur Internasional (FIDE) mengumumkan bahwa Turnamen Kandidat 2020, sebuah kompetisi yang akan menentukan penantang juara dunia Magnus Carlsen, akan kembali dilanjutkan pada November.

Dilansir laman resmi FIDE, Kamis, ronde kedelapan akan digelar pada 1 November setelah tertunda sejak Maret akibat pandemi COVID-19.

Dilansir laman resmi FIDE, Kamis, Yekaterinburg, Rusia, yang menjadi kota tuan rumah ronde pertama Turnamen Kandidat level tertinggi pada Maret itu masih akan menjadi kota penyelenggara.

Baca juga: Juara dunia Magnus Carlsen gelar turnamen catur online

Namun situasi pandemi COVID-19 membuat FIDE juga harus menyiapkan tuan rumah alternatif. Kota Tbilisi di Georgia telah resmi disetujui sebagai opsi.

“Kami juga berkomunikasi dengan kota tuan rumah potensial lainnya dari beberapa negara jika pembatasan wilayah diterapkan kembali di Rusia dan Georgia,” demikian FIDE.

Turnamen Kandidat merupakan salah satu kompetisi catur terpenting pada tahun ini untuk memperebutkan gelar juara dunia sekaligus hadiah sebesar 500 ribu euro.

Baca juga: Carlsen juara dunia catur cepat 2019

Ada delapan peserta dari lima negara yang berpartisipasi pada turnamen kali ini. Maxime Vachier-Lagrave asal Prancis dan Ian Nepomniachtchi asal Rusia memimpin klasemen sementara dengan perolehan 4,5 poin.

FIDE berkomitmen untuk melanjutkan sisa kompetisi dengan jaminan keselamatan dan keamanan maksimal bagi seluruh pihak yang terlibat.

Baca juga: Legenda catur Garry Kasparov bakal ikut kompetisi daring FIDE

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar