Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (10/9) kemarin, mulai dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) yang mendapatkan pinjaman sindikasi asing Rp10,26 triliun hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang anjlok akibat pemberlakuan kembali kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. SMI dapat pinjaman sindikasi bank asing Rp10,26 triliun
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) mendapatkan pinjaman sindikasi dari lima bank asing senilai 700 juta dolar AS atau Rp10,26 triliun yang sebagian di antaranya untuk melunasi pinjaman jangka pendek (bridging loan).

“Ini digunakan untuk melunasi fasilitas bridging yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat senilai 410 juta dolar AS, itu akan ditarik segera,” kata Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


2. Pemerintah berencana lanjutkan subsidi gaji hingga kuartal II 2021
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berencana melanjutkan pemberian subsidi gaji sebesar Rp600 ribu per bulan bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta hingga kuartal II 2021.

“Kami sudah sampaikan dalam rapat kemarin dengan Presiden, subsidi gaji ini akan dilanjutkan pada 2021 selama tiga bulan dan mungkin akan kita pertimbangkan enam bulan yaitu kuartal I dan II,” katanya dalam Rakornas Kadin Indonesia di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


3. Jakarta PSBB lagi, DPR ingatkan tetap jaga stabilitas sistem keuangan
Komisi XI DPR mengingatkan stabilitas di pasar keuangan domestik harus betul-betul dijaga menyusul keputusan pemerintah provinsi DKI Jakarta yang menarik rem darurat melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total mulai 14 September 2020 untuk menghapuskan fase kelonggaran dalam PSBB Transisi.

Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto saat dihubungi di Jakarta, Kamis, mengatakan keputusan pemberlakukan PSBB Total di Jakarta yang diumumkan pada Rabu (9/9) malam menjadi penyebab anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan dan kurs rupiah sepanjang perdagangan pada Kamis ini.

Baca selengkapnya di sini


4. Indef: PSBB DKI contoh tepat atur kembali strategi pulihkan ekonomi
Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Andry Satrio Nugroho mengatakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta merupakan contoh tepat untuk mengatur kembali strategi menekan pandemi kemudian diikuti pemulihan ekonomi.

“Mind set diubah, memang kesehatan diutamakan nanti ekonomi mengikuti,” katanya dalam webinar di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


5. IHSG turun dalam terdampak diterapkannya kembali PSBB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis turun dalam terdampak akan diterapkannya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta pada Senin (14/9).

IHSG ditutup melemah 257,92 poin atau 5,01 persen ke posisi 5.891,46. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 48,24 poin atau 6 persen menjadi 756,12.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: SMI salurkan pinjaman infrastruktur Rp348,2 miliar di ibu kota baru
Baca juga: DKI belum putuskan penerapan SIKM saat PSBB total
Baca juga: Kebijakan PSBB Jakarta akan akomodir pandangan Pemerintah Pusat

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020