Jakarta (ANTARA) - Los Angeles Lakers kini menggenggam keunggulan 3-1 atas Houston Rockets dalam gim keempat semifinal Wilayah Barat playoff NBA, setelah mereka menang 110-100 atas lawannya tersebut, Kamis setempat atau Jumat pagi WIB.

Mereka akan memainkan gim kelima pada Sabtu (12/9), demikian dilansir laman resmi NBA.

Pada pertandingan yang dimainkan di ESPN Wide World Sports, Orlando, itu Anthony Davis mencatatkan double-double, LeBron James hampir mengukir triple double untuk memudahkan jalan Lakers menaklukkan Rockets.

Davis mengemas 29 poin, 12 rebound, lima assist, serta memblok dua tembakan, sedangkan James menyelesaikan pertandingan dengan 16 poin, 15 rebound, dan sembilan assist.

Baca juga: LeBron ukir rekor kemenangan saat Lakers hajar Rockets di gim ketiga

Lakers berpeluang merebut tiket final Wilayah Barat pada gim kelima.

Rockets memainkan pertandingan kedua secara beruntun mereka tanpa diperkuat forward cadangan Danuel House Jr. House sedang diinvestigasi oleh operator liga karena dugaan melanggar protokol gelembung NBA. Houston pun terlihat kurang tajam saat menyerang dan tidak berdaya saat bertahan.

James Harden memasuki gim keempat dengan catatan rata-rata 32 poin selama menjalani rangkaian seri, namun kali ini ia hanya mampu mencetak 21 poin dan sepuluh assist. Russell Westbrook dan Eric Gordon menjadi andalan Rockets pada kuarter keempat, saat mereka memangkas ketinggalan menjadi 96-103 ketika waktu menyisakan 2:09. Rockets tertinggal 78-101 sebelum melaju 18-2.

Harden memasukkan dua lemparan bebas dengan 58 detik tersisa untuk membawa Rockets hanya tertinggal 100-105, namun Alex Caruso memasukkan lemparan tiga angka dengan waktu tersisa 34,6 detik. Caruso yang merupakan pemain cadangan Lakers mengakhiri pertandingan dengan sumbangan 16 poin.

Baca juga: Robert Covington siap perkuat lagi Rockets hadapi Lakers

Westbrook menyelesaikan pertandingan dengan 25 poin, sedangkan Gordon memasukkan 19 poin. Austin Rivers mencetak 14 poin sebagai pemain cadangan Houston, dan memainkan peran saat timnya berupaya bangkit pada kuarter keempat.

Lakers membalikkan ketinggalan 0-7 menjadi keunggulan dua digit 37-27 pada kuarter kedua, dan sejak itu selalu mengendalikan jalannya permainan.

Rockets hanya mencatatkan empat field goal pada kuarter kedua dan hanya memasukkan tiga dari 13 percobaan tembakan tiga poin. Lakers memimpin 57-41 pada pergantian babak.

Lakers mempertahankan keunggulan 16 poin menjelang kuarter keempat, menutup kuarter ketiga dengan laju 17-0 melalui poin-poin fast break.

Baca juga: Heat siingkirkan Bucks untuk maju ke final Wilayah Timur
Baca juga: Clippers kini unggul 3-1 atas Nuggets pada semifinal Wilayah Barat
Baca juga: Raptors paksakan gim ketujuh lawan Celtics melalui dua overtime

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020