PAN sebut hak politik Amien Rais bentuk parpol baru

PAN sebut hak politik Amien Rais bentuk parpol baru

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Viva Yoga Mauladi (istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan hak politik Amien Rais membentuk partai politik baru yang telah dijamin konstitusi sehingga partainya tidak mempermasalahkan keputusan pendiri PAN tersebut.

"Jika Amien Rais akan mendirikan partai politik baru itu benar, maka itu adalah hak politik Amien yang dijamin konstitusi," kata Viva Yoga di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan setiap warga negara bebas merdeka untuk berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan, sebagaimana termaktub di pasal 28 UUD 1945.

Baca juga: PAN: Efek elektoral parpol baru bentukan Amien tak signifikan

Menurut dia apabila Amien jadi mendirikan parpol baru maka masyarakat akan menilai PAN tidak akan identik lagi dengan Amien Rais.

"Publik akan menilai Pak Amien Rais telah meninggalkan dan keluar dari PAN," ujarnya.

Padahal menurut dia, Amien Rais adalah salah satu pendiri PAN bersama Albert Hasibuan, AM Fatwa, AM Lutfi, Syamsurizal Panggabean, Ismid Hadad, Zoemrotin, Gunawan Muhammad, dan Abdillah Toha.

Viva Yoga Mauladi meyakini partai politik baru yang akan didirikan Amien Rais tidak akan memiliki efek elektoral yang signifikan khususnya dalam Pemilu mendatang.

Menurut dia, pemakaian nama PAN di partai baru tersebut adalah sesuatu yang wajar karena tentu masih berharap akan mendapatkan efek elektoral dari PAN yang sejak pemilu 1999 sampai 2019 lolos di DPR RI.

"Di dalam pemberitaan di media Pak Amien Rais kemungkinan menamakan partai barunya dengan PAN Reformasi. Menurut saya, kalaupun ada efek elektoral, getarannya sangat kecil alias non signifikan," katanya.

Baca juga: Amien Rais akan buat parpol baru

Baca juga: Viva Yoga bantah Amien Rais dikeluarkan dari PAN


Sebelumnya, politisi senior PAN Amien Rais mengumumkan bahwa dirinya dan para sahabatnya akan mendirikan partai baru dengan asas partai adalah Islam rahmatan lil'alamin atau Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

"Saya dan beberapa sahabat dari berbagai kalangan telah bersepakat bulat segera mendeklarasikan sebuah partai baru," kata Amien dalam akun Youtube yang dipantau pada Jumat.

Dia mengatakan asas partai baru yang akan dirikannya adalah Islam Rahmatan Lil 'Alamin karena Islam melarang diskriminasi atas nama apapun. Selain itu menurut dia, semboyan partainya adalah melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

Amien mengatakan untuk logo dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) belum bisa diungkapkannya karena sedang dipersiapkan.

Baca juga: Politisi PAN ragu Amien Rais dirikan parpol baru

Baca juga: Pengamat nilai Amien Rais akan siapkan panggung untuk Hanafi


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satgas ingatkan masyarakat untuk lakukan tes usai jalani liburan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar