Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan memusnahkan barang bukti narkoba seberat 1,8 kilogram sabu-sabu dan 350 butir pil ekstasi hasil pengungkapan kasus sepanjang Juli 2020.

Pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu dan pil ekstasi yang disita dari 12 tersangka itu dilakukan di Mapolda Sumsel, Palembang, Jumat, dipimpin Direktur Reserse Narkoba Kombes Pol Heri Istu Haryono bersama Kabid Humas, Kombes Pol Supriadi.

Pemusnahan barang bukti narkoba itu dengan cara dilarutkan dalam air yang dicampur detergen menggunakan blender.

Pemusnahan disaksikan oleh pengacara para tersangka, pihak kejaksaan, dan perwakilan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumsel.

Pada kesempatan itu, Kabid Humas menjelaskan bahwa pemusnahan narkoba tersebut sebagai bentuk transparansi kepada publik.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 91 dan Pasal 45 Ayat (4) KUHAP, benda sitaan yang bersifat terlarang atau dilarang untuk diedarkan harus dimusnahkan.

Dengan dilakukannya pemusnahan itu bisa diselamatkan 11.735 anak bangsa dari jeratan barang haram tersebut.

Upaya memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, dalam kondisi pandemi COVID-19, pihaknya bersama instansi terkait terus berupaya menghentikan pelaku kejahatan narkoba yang memasarkan barang terlarang itu.

Pemberantasan narkoba di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu, pihaknya akan lebih menggencarkan operasi.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan partisipasi masyarakat untuk melaporkan kepada aparat kepolisian terdekat jika mengetahui adanya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, kata dia pula.

Baca juga: Polisi musnahkan sabu dan ganja senilai Rp5,89 miliar

Baca juga: Polres Kendari musnahkan barang bukti ratusan gram sabu sabu

Baca juga: BNN Sumsel musnahkan barang bukti sabu 7,5 kilogram

Baca juga: BNN Sultra musnahkan barang bukti 1.002 gram sabu-sabu

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020