Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa yang terjadi di Kota Metropolitan Jakarta selama sepekan telah diwartakan oleh Kantor Berita Antara, berikut kami hadirkan kembali beberapa berita pilihan yang paling banyak dicari dalam sepekan terakhir.

Anies kembali berlakukan PSBB total

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi "menginjak rem darurat" yang mencabut kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi dan memberlakukan kembali PSBB Total.

"Dengan melihat keadaan darurat ini di Jakarta, tidak ada pilihan lain, selain keputusan untuk tarik rem darurat. Artinya kita terpaksa berlakukan PSBB seperti awal pandemi. Inilah rem darurat yang harus kita tarik," kata Anies dalam keterangan pers yang disampaikan di Balai Kota Jakarta, Rabu malam.

PSBB total, Anies batasi aktivitas perkantoran non-esensial

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatasi aktivitas perkantoran non-esensial mulai Senin (14/9) sebagai bagian dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total.

"Mulai Senin 14 September kegiatan perkantoran non-esensial harus dari rumah. Bukan kegiatan usahanya tapi kerjanya di rumah," kata Anies di Jakarta, Rabu.

Pencatatan pernikahan secara sipil di Jakpus berkurang 50 persen

Jumlah pernikahan yang dicatatkan secara sipil di Jakarta Pusat mengalami penurunan hingga 50 persen imbas adanya pandemi COVID-19.

"Untuk pernikahan yang dicatatkan secara sipil mengalami penurunan jumlah. Biasanya jika ada pemberkatan atau prosesi pernikahan lewat agama ikut juga dicatatkan dengan pencatatan sipil," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Pusat Erik Polim Sinurat di Jakarta, Sabtu.

Satpol PP ungkapkan Resto Kopi Tebalik tidak berizin

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa Resto Kopi Tebalik dipastikan tidak memiliki izin operasional usaha.

"Resto Kopi Tebalik terbukti tidak memiliki izin usaha," kata Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin di Jakarta Jumat (4/9) malam.

Cegah tawuran, Warga Kampung Rawa minta jembatan Kota Paris dibongkar

Lurah Kampung Rawa Ferry Zahrudin mengatakan warga Kampung Rawa RW 008 telah meminta kepada Pemerintah Kota Jakarta Pusat agar jembatan Kota Paris yang menghubungkan wilayah Tanah Tinggi dan Kampung Rawa dibongkar untuk mencegah tawuran.

"Kita sudah bersurat ke Wali Kota agar jembatan ini dibongkar karena sering menjadi tempat tawuran. Ini sudah ada surat kesepakatan dari warga-warga di sini tetapi belum terealisasi," kata Ferry saat dihubungi, Sabtu.

Ular sanca tiga meter masuk ke apartemen di Jakarta Selatan

Petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Sektor Pancoran mengevakuasi ular sanca sepanjang tiga meter yang masuk ke lingkungan apartemen di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis.

Kepala sektor VIII Kecamatan Pancoran , Agus Sukoco di Jakarta, Kamis, mengatakan keberadaan ular di lingkungan apartemen tersebut pertama kali diketahui oleh petugas apartemen tersebut.

Anies minta tak ada spekulasi kuburan COVID-19 di Jakarta penuh

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta semua pihak agar tidak berspekulasi ataupun menduga di luar kenyataan dengan menyebut kuburan khusus jenazah korban COVID-19 penuh.

Mantan Menteri Pendidikan itu mengatakan pihaknya akan memantau setiap perkembangan dengan berharap tidak akan terjadi kekurangan tempat pemakaman.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020