Pusat perbelanjaan Jakarta Utara lengang jelang PSBB total

Pusat perbelanjaan Jakarta Utara lengang jelang PSBB total

Pusat perbelanjaan di Jakarta Utara cenderung lengang pada Sabtu sore (12/9) menjelang diberlakukannya PSBB total pada Senin (14/9). (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

tidak terlalu panik menyikapi pengumuman PSBB total kali ini berkat pengalaman menghadapi PSBB sebelumnya
Jakarta (ANTARA) - Pusat perbelanjaan di wilayah Jakarta Utara terpantau lengang pada akhir pekan menjelang diberlakukannya PSBB total pada Senin (14/9).

Pantauan ANTARA di Mal Baywalk Pluit pada Sabtu sore, pusat perbelanjaan dan supermarket terlihat lengang dan tidak tampak antrean yang berarti.

Baca juga: 19 pasar tradisional di Jaktim terdampak PSBB Total

Salah seorang pengunjung mal, Adriana (29) mengaku tidak terlalu panik menyikapi pengumuman PSBB total kali ini berkat pengalaman menghadapi PSBB sebelumnya.

"Mungkin karena pengalaman kemarin waktu pertama PSBB orang banyak belanja besar-besaran, ternyata PSBB-nya tak seperti yang dibayangkan, jadi mungkin masyarakat lebih santai menyikapinya," kata Adriana kepada ANTARA di Mal Baywalk, Pluit, Jakarta Utara, Sabtu.

Baca juga: Gerindra sebut aneh ada menteri kritik kebijakan PSBB total Anies

Dia juga mengatakan pandemi yang masih berlanjut dan angka penderita COVID-19 yang terus merangkak naik membuat masyarakat yang paham akan bahaya pandemi sebisa mungkin menghindari pusat keramaian jika tidak ada urusan mendesak.

Hal senada disampaikan, Talitha (22), menurutnya mal dan supermarket menjadi pilihan yang lebih aman untuk belanja kebutuhan pokok jelang PSBB.

"Pada dasarnya tergantung orangnya mau patuh atau tidak (dengan protokol kesehatan), tapi di sini (mal) rasanya lebih aman, karena fasilitas yang terjaga kebersihannya dan orang-orangnya (pengunjung mal) tertib jaga jarak, kalau di pasar agak susah ya kalau tertib jaga jarak," tuturnya kepada ANTARA.

Dia juga mengaku menyikapi PSBB kali ini dengan lebih santai dibanding PSBB sebelumnya, karena sudah merasakan PSBB sebelumnya.

Baca juga: DPRD minta Pemprov Jakarta umumkan pejabat terpapar COVID-19

"Sepertinya PSBB nanti tidak banyak yang berbeda dengan PSBB di Jakarta yang pertama, jadi enggak kaget waktu dengar berita Jakarta PSBB lagi," ujarnya.

Pihak mal juga terlihat sangat menjaga protokol kesehatan dengan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung oleh sekuriti mal dan tenant, serta tersedianya dispenser hand sanitizer otomatis di berbagai titik di dalam mal.
Pusat kuliner di Jakarta Utara ramai pengunjung pada Sabtu sore (12/9/2020) jelang pemberlakuan PSBB total pada Senin, 14 September 2020. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

​​​
Kawasan Kuliner Ramai

Berbeda dengan pusat perbelanjaan yang cenderung lengang, Kawasan Kuliner Pantai Maju, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara cenderung ramai pengunjung.

Salah satu pengunjung Kawasan Kuliner Pantai Maju, Charles (40) mengaku sengaja datang setelah mendengar berita soal pemberlakuan kembali PSBB. Dia khawatir selama PSBB berlangsung tidak ada lagi kesempatan untuk menikmati kuliner langsung di lokasi.

"Saya baca di media-media daring soal PSBB, jadi saya sempatkan datang kemari hari ini, soalnya kalau PSBB takutnya kita jadi engga bisa lagi dine-in," tutur pria yang berdomisili di Cengkareng, Jakarta Barat tersebut.

Sementara itu beberapa tenant yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku belum mendapatkan edaran resmi mengenai detail kebijakan operasional untuk pengusaha kuliner jelang PSBB total yang rencananya akan diberlakukan Senin (14/9).

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polres Malang luncurkan Suket Teki, urus SKCK dan surat kehilangan lebih mudah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar