Pemkot Jakbar gandeng RT/RW gelar "ronda keliling" 3M di masa PSBB

Pemkot Jakbar gandeng RT/RW gelar "ronda keliling" 3M di masa PSBB

Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko di kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta, Sabtu (12-9-2020). ANTARA/Devi Nindy

Pelibatan pengurus RT/RW agar warga sadar menjaga protokol kesehatan di tengah peningkatan angka kasus COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat akan menggandeng pengurus RT/RW untuk menggelar ronda keliling gerakan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) pada masa PSBB.

"Nanti di Jakarta Barat ada giat namanya ronda habit, pada jam-jam tertentu pengurus RT dan RW ronda untuk edukasi masyarakat agar gunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan," kata Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko di Jakarta, Sabtu.

Sosialisasi gerakan 3M yang melibatkan pengurus RT/RW diharapkan warga sadar menjaga protokol kesehatan di tengah peningkatan angka penyebaran COVID-19.

Baca juga: Pemprov DKI tidak berlakukan SIKM selama PSBB lanjutan

"Harapannya jadi ketika masyarakat keluar, dia tidak nyaman jika tidak gunakan masker, tidak nyaman berkerumun, dan tidak nyaman jika tidak cuci tangan. Nanti itu yang akan minta efektifkan gugus di tingkat RT dan RW," katanya.

Yani menyebutkan data keseluruhan kasus COVID-19 di Jakarta Barat hingga Jumat (11/9) mencapai 4.909 kasus.

Sebanyak 271 kasus di antaranya menyebabkan warga meninggal dunia. Persentasenya sekitar 57 persen sembuh dari kasus yang terkonfirmasi.

Terkini, sebanyak 1.437 warga di Jakarta Barat yang terpapar COVID-19, mayoritas warga menjalani isolasi mandiri.

"Yang dirawat ada 331 yang di rumah sakit, sedangkan yang isolasi mandiri ada 1.106 orang," kata Yani.

Baca juga: DKI tiadakan 10 kawasan pesepeda lima wilayah per 13 September 2020

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara resmi akan mengumumkan rencana pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) lanjutan pada hari Minggu (13/9).

Pengumuman ini akan disampaikan setelah jajaran Pemprov DKI Jakarta menuntaskan berbagai aturan terkait dengan PSBB lanjutan yang dilakukan pada Sabtu malam ini.

"Besok kami akan umumkan karena malam hari ini akan kami tuntaskan aturannya. Nanti sudah ada dalam bentuk peraturan dan sudah ada pasalnya. Ada perincian sehingga tidak muncul interpretasi yang berbeda," ujarnya.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar