Jakarta (ANTARA) - Manajer Arsenal Mikel Arteta memuji debut menawan bek Gabriel Magalhaes ketika The Gunners membekuk tim promosi Fulham 3-0 dalam laga pembuka Liga Premier Inggris 2020/21 di Stadion Craven Cottage, London, Sabtu.

Gabriel mencetak satu gol dalam kemenangan itu, yang diwarnai debut gemilang lain dari Willian untuk Arsenal lewat torehan dua assist.

"Mereka sangat bagus, tentu saja bagi Willian sedikit berbeda karena dia sudah terbiasa di liga ini dan saya tahu ia bisa segera menampilkan performa terbaik," kata Arteta dalam jumpa pers purnalaga dilansir laman resmi Arsenal.

"Bagi Gabriel ini tantangan besar untuk bisa main setelah enam bulan tanpa merumput dan penampilannya sangat luar biasa," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Arsenal buka musim baru dengan kemenangan 3-0 di markas Fulham

Gabriel mencetak gol kedua Arsenal empat menit memasuki babak kedua dalam situasi sepak pojok, menanduk bola menaklukkan kiper Marek Rodak.

Arteta mengaku ia sebetulnya ingin Gabriel punya waktu menyesuaikan diri lebih lama, tetapi pandemi COVID-19 membuat jeda antarmusim berlangsung tak sampai sebulan penuh.

Bek Brazil itu resmi didatangkan Arsenal pada 1 September dan diakui Arteta cuma punya kesempatan adaptasi singkat, tetapi dalam debutnya Gabriel mampu membuktikan kemampuannya.

Baca juga: Arsenal resmi hadirkan Gabriel dari Lille
Baca juga: Arteta resmi naik jabatan jadi manajer Arsenal


"Idealnya saya ingin dia punya waktu lebih sebab Gabriel cuma berlatih beberapa hari dengan tim dan secara fisik tak main pertandingan kompetitif selama enam bulan," ujar Arteta.

"Tentu ada risiko cedera juga, tetapi kredit sepenuhnya bagi dia karena secara fisik tampil bagus, mengaku siap dan ia sangat membantu hari ini," pungkasnya.

Arsenal selanjutnya akan menjamu West Ham United di laga kedua pada Sabtu (19/9) waktu setempat (Minggu WIB) guna melanjutkan tren positifnya semenjak menjuarai Piala FA, memenangi Community Shield serta mengawali musim dengan tiga poin.

Baca juga: Gol tunggal Zaha antar Palace awali musim tundukkan Southampton
Baca juga: Fulham pinjam bek Torino Ola Aina
Baca juga: Jose Mourinho: Beli penyerang jadi prioritas Spurs saat ini

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020