Lewat lembaga pendidikan, KKP terus tingkatkan cinta laut kepada anak

Lewat lembaga pendidikan, KKP terus tingkatkan cinta laut kepada anak

Tangkapan layar- Kepala Badan Riset dan SDM KKP Sjarief Widjaja. ANTARA/M Razi Rahman/am.

Mulai dari usia dini, anak-anak kita harus diperkenalkan ke sektor perikanan, tumbuhkan kecintaan kepada laut
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus meningkatkan rasa cinta terhadap laut kepada anak bangsa melalui berbagai lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan kementerian tersebut.

"Mulai dari usia dini, anak-anak kita harus diperkenalkan ke sektor perikanan, tumbuhkan kecintaan kepada laut," kata Kepala Badan Riset dan SDM KKP Sjarief Widjaja dalam webinar, Minggu.

Baca juga: KKP gelar pelatihan pengelolaan wisata bahari

Untuk itu, ujar dia, berbagai lembaga pendidikan di bawah naungan KKP tidak hanya menjadi sekadar institusi pengajaran formal, tetapi juga harus banyak melibatkan pembelajaran kepada masyarakat.

Para peserta didik yang masuk ke lingkup pendidikan kelautan dan perikanan diharapkan ke depannya menguasai cara meningkatkan produktivitas berbagai komoditas, baik itu di air laut, tawar, maupun payau.

Ia juga menginginkan di setiap kampus juga dapat dibuat semacam papan flowchart agar setiap pengunjung juga dapat memahami dengan jelas mengenai lembaga pendidikan tinggi kelautan dan perikanan itu.

"Kita harus menjadi kampus yang sifatnya entertaining atau menghibur," katanya.

Ia juga menginginkan berbagai lembaga pendidikan di bawah naungan KKP di berbagai daerah juga dapat bekerja sama dengan dinas pariwisata setempat dalam rangka melihat potensi guna menjadikan kampus sebagai salah satu lokasi wisata di daerah.

Sebelumnya, KKP menyatakan pelatihan daring seperti kelas budi daya lele hingga pengolahan ikan merupakan bentuk antisipasi dampak pandemi terhadap usaha sektor perikanan.

"Harapan kami, satu peserta (pelatihan daring) dapat juga merangkul 10 orang pelaku usaha perikanan untuk melakukan usaha di bidang perikanan sehingga dapat turut membangun perekonomian perikanan nasional," kata Sjarief Widjaja.

Menurut dia, di tengah situasi tidak menyenangkan akibat wabah yang tengah melanda, kegiatan pelatihan daring dinilai mampu menyelamatkan atau setidaknya membantu menopang perekonomian sebagian masyarakat.

KKP telah bekerja sama antara lain dengan Komisi IV DPR RI menyelenggarakan berbagai pelatihan daring, seperti pelatihan aspirasi pembesaran ikan lele dan pelatihan aspirasi olahan rumput laut, Senin (24/8/2020).

Pelatihan aspirasi pembesaran ikan lele ditujukan bagi pelaku utama dan pelaku usaha perikanan, khususnya pembudi daya dan pengolah ikan.

Baca juga: KKP: Pelatihan daring antisipasi dampak pandemi kepada usaha perikanan
Baca juga: KKP gelar tiga pelatihan multisektor gerakkan ekonomi pesisir

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Disdik Kota Tangerang latih guru maksimalkan pembelajaran daring

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar