Curah hujan di Kapuas Hulu masih cukup tinggi, jadi diprediksi banjir akan semakin meluas, kami minta masyarakat waspada banjir besar
Putussibau, Kalbar (ANTARA) -
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Gunawan mengatakan banjir di daerah itu sudah merendam sekurangnya 100 rumah di empat kecamatan dengan kedalaman air mencapai 50 cm hingga dua meter akibat curah hujan tinggi.
 
"Saat ini sudah ada kurang lebih 100 lebih rumah di Kapuas Hulu terendam banjir, sejumlah titik jalan nasional juga sudah terendam air," katanya saat dihubungi ANTARA di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu.
 
Ia menjelaskan atas laporan dari pihak kecamatan saat ini ada empat kecamatan yang sudah terendam banjir yaitu Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Bika, Kalis dan Kecamatan Embaloh Hilir.
 
Menurut dia, di Kecamatan Putussibau Utara banjir menggenangi Kelurahan Hilir Kantor, Kelurahan Putussibau Kota, Desa Pala Pulau, Mendalam dan Sambus.
 
Sedangkan di Kecamatan Putussibau Selatan di Kelurahan Kedamin Hilir, Desa Sungai Uluk, Jaras, Kampung Jati dan Desa Bungan.
 
Untuk Kecamatan Bika banjir merendam Desa Teluk Sindur, Ujung Pinang, Bika, Nanga Mandai, Penyeluang dan Desa Jelemuk.
 
Sedangkan di Kecamatan Embaloh Hilir banjir juga merendam Desa Ujung Bayur dan Desa Nanga Embaloh, dan di Kecamatan Kalis banjir terjadi di Desa Nanga Kalis.
 
"Curah hujan di Kapuas Hulu masih cukup tinggi, jadi diprediksi banjir akan semakin meluas, kami minta masyarakat waspada banjir besar," katanya.
 
Dengan kondisi banjir saat ini pihaknya meminta masing - masing pihak kecamatan segera melaporkan kondisi dan perkembangan bencana di daerah itu.
 
" Kami melakukan kaji cepat, evakuasi dan berkordinasi dengan pihak kecamatan yang terdampak banjir dan kami minta pihak kecamatan selalu upadate melaporkan perkembangan banjir," demikian Gunawan.

Baca juga: 10 kecamatan di Kapuas Hulu dilanda banjir

Baca juga: Jalan nasional Pontianak - Putussibau di Kapuas Hulu terendam banjir

Baca juga: Banjir meluas, transportasi darat di Kapuas Hulu-Kalbar lumpuh

Baca juga: Banjir melanda sebagian wilayah Kapuas Hulu

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020