counter

Tidak Ada Persiapan Khusus Sambut Obama

Jakarta (ANTARA News) - Pemprov DKI Jakarta tidak mempersiapkan secara khusus penyambutan untuk kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Maret mendatang.

"Apa yang harus dipersiapkan? Tidak perlu persiapan khusus," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Balaikota Jakarta, Kamis.

Obama akan datang ke Jakarta bersama istrinya Michelle dan kedua putrinya Sasha serta Malia. Mereka akan mengunjungi beberapa tempat di Ibukota, diantaranya tempat ia bersekolah dulu, SD Menteng 01 Jakarta Pusat.

Berbeda dengan Pemprov DKI yang menyerahkan persiapan termasuk pengamanan kepada pemerintah pusat, SD Menteng 01 menyiapkan beberap atraksi menyambut Berry.

"Saya kira tidak perlu lagi persiapan khusus. Saya kira (Jakarta) sudah siap menerima tamu negara, kita gak pernah `keder` selama ini," katanya.

Pengamanan yang akan diberikan bagi kunjungan rombongan keluarga Presiden AS itu disebut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar adalah berbentuk pengamanan negara yang terdiri atas Satgas Mabes Polri dan Polda Metro Jaya sebagai salah satu bagiannya.

Selain itu, keamanan akan melibatkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan pasukan dari pengamanan presiden AS Secret Service.

Obama memiliki hubungan khusus dengan Jakarta karena pernah tinggal selama beberapa tahun di Menteng, Jakarta Pusat pada tahun 1960-an dan sempat bersekolah di SD setempat.

Selain kunjungan nostalgia, Obama mengunjungi Indonesia atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mempererat hubungan kedua negara pada kerja sama Pasifik-Raya, khususnya Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia.

(T.A043/S026)

Michelle Obama Bertolak Kembali ke AS

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar