Simpang Empat,- (ANTARA) - Sebanyak lima pegawai Bank Nagari Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) terinfeksi positif COVID-19.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Edi Busti di Simpang Empat, Senin, mengatakan kelima pegawai bank yang positif itu masing-masing berinisial FK (31), RU (21), FR (25), YRH (23) dan AY (33).

Empat orang FK (31), RU (21), FR (25), YRH (23) melakukan tes usap (swab test) pada Jumat (11/9) di Simpang Empat dan satu orang pasien AY (33) melakukan tes usap di Kota Padang.

"Kita telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap empat orang pasien positif dan langsung diisolasi di Balai Diklat Talu Kecamatan Talamau. Sedangkan satu orang lagi isolasi di Padang," katanya.

Baca juga: Seorang warga Pasaman Barat meninggal dunia ternyata positif COVID-19

Baca juga: 18 dari 36 warga Pasaman Barat positif COVID-19 dinyatakan sembuh


“Kita juga sudah melakukan pelacakan (tracking) terhadap temuan kasus tersebut untuk mengetahui siapa saja yang kontak dengan para pasien," katanya.

Ia menyebutkan hingga saat ini, kondisi lima pasien yang positif itu dalam keadaan sehat dan stabil.

Ia menegaskan pihaknya akan terus melakukan tracking terhadap temuan kasus tersebut sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 Pasaman Barat, khususnya di tempat kerja para pasien serta beberapa kantor cabang bank pembantu di daerah itu.

Ia meminta agar masyarakat tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, agar risiko penularan COVID-19 dapat diatasi.

"Untuk sementara sekitar 90 orang yang hasil tracking hari ini dan kemungkinan bisa bertambah," sebutnya.

Ia berharap masyarakat tetap tenang dan mematuhi protokol kesehatan yang sesuai anjuran pemerintah.*

Baca juga: Kejaksaan Negeri Pasaman Barat perketat protokol kesehatan COVID-19

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat kembali bertambah tiga orang

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020