Pelatihan yang kami lakukan untuk mendukung daerah pariwisata. Materi pelatihan yang diberikan, kaitannya untuk mendukung daerah daerah pariwisata
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM melatih para pelaku UMKM di Labuan Bajo, NTT, sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas dengan keterampilan produksi hingga pemasaran digital agar tetap produktif di tengah pandemi.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkop dan UKM, Arif Rahman Hakim, Senin, mengatakan pelatihan yang digelar tersebut sebagai dukungan kepada destinasi pariwisata.

"Pelatihan yang kami lakukan untuk mendukung daerah pariwisata. Materi pelatihan yang diberikan, kaitannya untuk mendukung daerah daerah pariwisata," kata Arif Rahman Hakim.

Baca juga: Menkop Teten dorong UMKM dan nelayan optimalkan pemasaran digital

Ia mengatakan sejauh ini pelatihan telah digelar di 5 destinasi super prioritas yakni Danau Toba Sumatra Utara, Mandalika NTB, Borobudur Magelang, dan kali ini di Labuan Bajo NTT. Pelatihan juga akan dilanjutkan di Likupang, Minahasa Utara, Sulut.

Arif Rahman Hakim menjelaskan pelatihan yang dilakukan antara lain untuk pemandu wisata, pelaku kerajinan, pengolahan hasil kuliner, pertanian, perikanan, hingga kewirausahaan agar bisa meningkatkan pemasaran secara digital.

"UMKM diharapkan mempunyai bekal pengetahuan untuk bisa menyesuaikan terhadap perubahan yang terjadi," katanya.

Baca juga: Bukalapak bagikan tips pemasaran e-commerce bagi UMKM

Kemenkop dan UKM, kata Arif, memberikan materi tentang pemasaran digital di laman-laman katalog pemerintah yaitu LKPP dan BUMN. Bahkan menurutnya, kerja sama telah dilakukan dengan Telkom untuk melatih pelaku UMKM agar mahir terhadap e-commerce dan aplikasi pasar digital.

Sementara itu Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula mengakui akibat COVID-19 UMKM di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat banyak yang mengalami penurunan pendapatan secara signifikan.

"COVID-19 telah membuat UMKM di Labuan Bajo terpuruk. Saya mengapresiasi KemenkopUKM yang melatih pelaku UMKM agar bisa bangkit," katanya.

Baca juga: Kualitas UMKM Labuan Bajo ditingkatkan untuk dukung wisata premium

Baca juga: Kemenpar latih puluhan pelaku UMKM di Labuan Bajo


 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020