FKUB bantu Polda Sulteng wujudkan keamanan pilkada 2020

FKUB bantu Polda Sulteng wujudkan keamanan pilkada 2020

Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso (kemeja putih dan kopiah putih) berdialog dengan Ketua FKUB Sulteng Prof Dr KH Zainal Abidin MAg, di Kediaman Prof Zainal Abidin MAg, di Palu, Senin malam (14/9). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

juga memiliki komitmen dengan KPU Provinsi Sulteng untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah
Palu (ANTARA) - Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berkomitmen membantu Kepolisian Daerah (Polda) setempat mewujudkan keamanan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

"FKUB siap dalam meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban di pilkada tahun ini," ucap Ketua FKUB Sulteng, Prof Dr KH Zainal Abidin MAg, saat menerima kunjungan silaturahmi Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso di kediaman Prof Zainal Abidin, di Palu, Senin malam.

Kunjungan Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso, dalam rangka bersilaturahmi dengan tokoh umat beragama yang tergabung dalam FKUB Sulteng.

Kepada Irjen Pol Abdul Rakhman, Prof Zainal mengemukakan FKUB Sulteng gencar menyampaikan pesan "silahkan memuji calon anda, tetapi jangan menjelekkan calon lain".

"Tidak perlu merasa hebat, dan mengucilkan orang lain. Tidak perlu menjadi tinggi, dengan merendahkan orang lain," ujar Prof Zainal.

Kemudian, Prof Zainal yang juga Ketua MUI Palu mengutarakan berpartisipasi untuk menyalurkan hak pilih pada pilkada tanggal 9 Desember 2020, tidak bertentangan dengan Islam.

Prof Zainal yang merupakan Guru Besar Pemikiran Islam Modern sekaligus Rektor Pertama IAIN Palu mengutarakan Islam menganjurkan untuk menaati Allah, Rasul dan pemimpin.
 
Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso (kemeja putih dan kopiah putih) menyerahkan cendera mata kepada Ketua FKUB Sulteng Prof Dr KH Zainal Abidin MAg, di Kediaman Prof Zainal Abidin MAg, di Palu, Senin malam (14/9). (ANTARA/Muhammad Hajiji)


Olehnya, sebagai umat beragama perlu untuk memilih pemimpin. Karena, bila orang-orang yang baik, tidak menyalurkan hak pilih, sementara yang menyalurkan hak pilih adalah orang-orang yang kemungkinan kurang baik. Maka yang lahir adalah pemimpin yang kurang baik.

Prof Zainal juga menyebut bahwa FKUB terus berperan untuk mewujudkan kerukunan beragama. Karena, dengan terwujudnya kerukunan antar-umat beragama, akan semakin baik dan meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban.

Berkaitan dengan itu, Sekretaris FKUB Sulteng Dr H Muhtadin Dg Mustafa menyebut FKUB terus merangkul tokoh-tokoh umat beragama sekaligus umat beragama dalam kegiatan Muhibbah Kerukunan atau cinta kerukunan.

Selain itu, FKUB Sulteng, kata Muhtadin, juga memiliki komitmen dengan KPU Provinsi Sulteng untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah.

Terkait dengan hal itu, Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso mengapresiasi jajaran tokoh agama yang tergabung dalam FKUB Sulteng atas perannya dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di daerah.

Ia menguraikan, dengan terciptanya situasi keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat yang baik dalam kehidupan ini, maka proses pembangunan daerah juga akan berjalan dengan baik.

Irjen Pol Abdul Rakhman juga berharap kepada tokoh-tokoh agama untuk bersama-sama dalam membina masyarakat, terkait dengan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Suka atau tidak suka, kita harus ubah gaya hidup kita dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," sebut Kapolda.

Di hadapan pengurus FKUB Sulteng, Irjen Pol Abdul Rakhman juga menyebut bahwa salah satu yang menjadi fokus yaitu penanganan gerakan radikalisme.

Kapolda Sulteng didampingi oleh Dirbimas Polda Sulteng, Kapolres Palu dalam pertemuan tersebut. Sementara Ketua FKUB Sulteng didampingi sejumlah pengurus di antaranya, Sekretaris FKUB Dr H Muhtadin Dg Mustafa, Tokoh Agama Khatolik, Benny Yusman dan Agustinus Moto, Serta Tokoh Bala Keselamatan Frengki Waleleng, serta Sekretaris MUI Kota Palu, Munif A Godal, Ketua NU Kota Palu, Mun'im Godal.

Pertemuan dua pihak itu dimulai sekitar pukul 08.00 Wita, dan berakhir sekitar pukul 21.30 Wita.
 
Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso (kemeja putih dan kopiah putih) berdialog dengan Ketua FKUB Sulteng Prof Dr KH Zainal Abidin MAg dan jajaran pengurus FKUB Sulteng di Kediaman Prof Zainal Abidin MAg, di Palu, Senin malam (14/9). (ANTARA/Muhammad Hajiji)


 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cawabup Banggai Laut meninggal dunia dalam kecelakaan laut

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar