Jakarta (ANTARA News) - Seorang perempuan China berusaha melakukan operasi plastik besar agar kelihatan seperti aktris AS Jessica Alba, terutama karena ia ingin memperoleh kembali pacarnya --yang ia katakan selalu ingin dia kelihatan seperti bintang Hollywood tersebut.

Gadis berusia 32 tahun tersebut, yang hanya menyebutkan namanya sebagai Xiaoqing, mengatakan, hidupnya hancur-berantakan setelah ia putus dari pacarnya, penggemar berat aktris yang telah membintangi beberapa film laris seperti "Fantastic Four" dan "Into the Blue".

Xiaoqing, yang bekerja di satu perusahaan Internet di Shanghai, China, mengatakan, selama 18 bulan hubungan mereka, pacarnya --yang berusia 28 tahun-- telah terobsesi dengan Alba, menghiasi apartemennya dengan gambar aktris itu serta terus-menerus berbicara mengenai dia.

Ia mengatakan, meskipun pacarnya memang belum memaksa dia tampil mirip Alba, ia selalu mengisyaratkan bahwa pacarnya menginginkan dirinya menyerupai bintang favoritnya dan bahkan membelikan dia wig pirang untuk dipakai.

Satu bulan lalu, Xiaoqing meninggalkan pacarnya, yang tak disebutkan namanya, karena obsesinya terhadap Alba sudah keterlaluan. Namun sekarang ia mengatakan ia tak dapat melewati terputusnya hubungan itu dan ingin pacarnya kembali.

"Ketika saya putus dengan pacar saya, saya sangat sedih," kata Xiaoqing kepada Reuters di Rumah Sakit Bedah Plastik Shanghai Times, yang telah setuju untuk membantu dia mewujudkan keinginannya.

"Teman-teman saya ... terus memberi saran kepada saya tapi itu tak berhasil, sehingga mereka menyarankan saya melakukan operasi plastik agar kelihatan seperti dia (Jessica Alba)," katanya.

Rumah sakit tersebut menyatakan Xiaoqing akan memerlukan beberapa operasi untuk mengubah hidung dan matanya sehingga akan menyerupai Alba. Mereka juga sepakat untuk melakukannya secara gratis untuk memperlihatkan keahlian operasi mereka.

Direktur rumah sakit tersebut Jiang SHan mengatakan ia secara pribadi telah berbicara dengan Xiaoqing dan menyarankan dia memikirkan secara sungguh-sungguh tentang prosedurnya.

"Jika ia ingin kelihatan jauh lebih baik dibandingkan penampilannya sekarang, misalnya, ia ingin kulitnya kelihatan lebih licin dan seluruh bagian wajahnya kelihatan lebih cantik, saya kira kami akan dapat membantu dia mewujudkan keinginannya," kata Jiang.

"Tetapi ia ingin benar-benar kelihatan seperti Jessica Alba, saya kira ia masih tidak yakin pada dirinya sendiri dan ia perlu menyelesaikan masalah ini secara psikologis," katanya.

Tak lama setelah hubungannya putus, Xiaoqing menyiarkan komentar di forum jejaring lokal untuk meminta bantuan agar ia dapat memperoleh kembali pacarnya.

Ia mengatakan banyak "pemilik lahan" menyarankan dia agar tidak melakukan operasi kecantikan, yang sangat ia ingini.

"Sebagai anggota generasi muda di negeri ini, saya memiliki pilihan untuk memutuskan apa yang saya ingini di dalam hidup ini," katanya.

"Saya tak pernah dapat membiarkan dia pergi. Jika pada akhirnya ia tak menerima saya setelah saya menjalani operasi, saya akan menyerah. Saya lalu akan memilih untuk membiarkan itu terjadi, memulai hidup baru dan melajang," katanya.

Xiaoqing mengatakan ia akan berbicara dengan ibunya, yang tinggal di provinsi Hubei, saat ia pulang selama liburan Imlek, sebelum mengambil keputusan akhir.

Rumah sakit tersebut menyatakan tidak biasa bagi perempuan muda seperti Xiaoqing untuk menjalani operasi kecantikan agar kelihatan seperti pesohor.

Pemerintah memperkirakan miliaran yuan dihabiskan setiap tahun oleh orang China untuk menjalani operasi plastik, yang dipandang oleh banyak orang di negeri itu sebagai cara meningkatkan prospek pekerjaan atau perkawinan di dalam masyarakat dengan persaingan tinggi.
(C003/B010)

Oleh
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010