Saya telah melihatnya bermain di televisi dan saya tahu dia adalah pemain yang sangat tangguh
Jakarta (ANTARA) - Petenis Swiss Stan Wawrinka tersingkir dari Italian Open pada putaran pertama, Selasa, setelah dipermalukan petenis Italia berusia 18 tahun Lorenzo Musetti.

Wawrinka yang memenangi tiga kali Grand Slam dan unggulan ke-10 di Roma, kalah 0-6, 6-7 (2/7) dari Musetti yang hanya berperingkat ke-249 dunia.

Wawrinka (35 tahun) yang merupakan pemain tertua di turnamen ini, sama sekali tak berkutik pada set pertama dan menyerah tanpa memperoleh satu pun gim.

Wawrinka bangkit setelah tertinggal 2-0 pada set kedua, tetapi sudah terlambat untuk mendapatkan kendali permainan, meskipun pertandingan berlangsung ketat dan harus diselesaikan melalui tiebreak.

Musetti yang hanya memainkan satu pertandingan tingkat tur ATP, sebelum menghadapi mantan petenis nomor tiga dunia itu di Roma, menyingkirkan Wawrinka setelah bertanding satu jam 24 menit.

"Saya telah melihatnya bermain di televisi dan saya tahu dia adalah pemain yang sangat tangguh," kata Musetti, yang selanjutnya akan bertemu Kei Nishikori pada babak kedua.

"Saya akan menikmati kemenangan, sebelum saya mulai memikirkan pertandingan saya melawan Nishikori," katanya seperti dikutip AFP.

Baca juga: Cedera betis paksa Serena Wiliiams mundur dari Italia Open

Musetti, pemain termuda di turnamen ini. Ia lahir pada tahun 2002, tahun saat Wawrinka mengambil langkah pertamanya di sirkuit profesional.

Pelatihnya, Simone Tartarini mengatakan, sebelum pertandingan itu adalah "misi yang mustahil" bagi anak didiknya yang masih muda.

"Tapi Lorenzo menyukai situasi seperti ini, jadi dia sangat termotivasi," katanya.

Turnamen Roma adalah pemanasan menjelang Prancis Terbuka di Roland Garros yang akan dimulai 27 September.

Favorit juara Rafael Nadal dan Novak Djokovic serta unggulan putri Simona Halep akan memulai pertandingan mereka pada Rabu.

Nadal, setelah enam bulan tanpa pertandingan resmi, akan menghadapi rekan senegaranya Pablo Carreno, semifinalis AS Terbuka baru-baru ini.

Djokovic menghadapi peringkat 87 dari Italia Salvatore Caruso dan Halep melawan petenis Italia Jasmine Paolini, peringkat 99.

Baca juga: Halep diragukan tampil di Palermo setelah aturan karantina Italia
Baca juga: Italia Open 2020 kemungkinan akan digelar tanpa penonton

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020