Surabaya (ANTARA News) - Ribuan warga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) hadir dan berbaur dengan belasan ribu jemaah lainnya dalam peringatan wafat (haul) ke-21 KH Muhammad Syarwani Abdan yang akrab disapa Guru Bangil, Minggu.

Kepala Biro Humas Pemprop Kalsel, Hermansyah, mengatakan, jumlah jemaah asal Kalsel yang hadir di acara religius tahunan itu mencapai seribu orang yang datang dari berbagai kabupaten dan kota di provinsi setempat.

"Jumlah jemaah Kalsel mencapai seribu orang yang berasal dari berbagai kabupaten dan kota terdiri dari unsur ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang diundang menghadiri kegiatan tahunan ini," ujarnya disela-sela kegiatan.

Pantauan ANTARA biro Kalsel yang mengikuti rombongan jemaah, tempat yang dijadikan pusat kegiatan haul di komplek Pondok Pesantren Datuk Kalampayan Jalan Kauman Kelurahan Bangil Kabupaten Pasuruan Jawa Timur nampak sesak dipadati belasan ribu jemaah.

Jemaah yang jumlahnya diperkirakan mencapai 15 ribu orang itu nampak khusyu dan terhanyut mengikuti prosesi yang berjalan dalam suasana khidmad seperti pembacaan syair Maulid Alhabsyi, Surah Yasin serta pembacaan Tahlil dan do?a.

Pembacaan doa dipimpin secara bergantian oleh beberapa habib dan ulama setempat yang juga turut berhadir dalam kegiatan keagamaan tersebut.

Rangkaian acara didahului pembacaan Maulid Simtuddurar (Alhabsy) dibawakan rombongan maulid gabungan antara persatuan Maulid Alhabsy pimpinan Guru Munawar, Martapura Kalsel dengan rombongan Maulid dari pulau Jawa.

Usai itu, dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci Alqur`an oleh imam masjid kubah emas Dian Al Mahri Depok, Amruddin disusul pembacaan riwayat singkat (manakib) KH Muhammad Syarwani Abdan yang disampaikan salah satu cucu ulama kelahiran Martapura itu yakni Muhammad Wahdi Zaini Tarsik.

Hadir ditengah-tengah jemaah sejumlah pejabat penting dari Kalsel mulai dari Gubernur Kalsel, Rudy Ariffin, Wagub, Rosehan, Bupati Banjar, Khairul Saleh, Wakil Bupati Banjar, Khatim Salman yang didampingi unsur Muspida kabupaten Banjar dan pejabat dilingkup pemkab setempat.

Selain itu, juga hadir sejumlah pejabat setingkat walikota dan wakil walikota dari kabupaten dan kota di Kalimantan seperti Wali kota Palangkaraya, wakil bupati Murung Raya Kalteng, wakil wali kota Samarinda.

Sementara itu, Sabtu malam sebelumnya digelar ceramah agama di depan makam ulama besar Kalsel itu dihadiri ribuan jemaah yang sudah berdatangan sejak beberapa hari lalu.(YOS/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010