Jakarta (ANTARA) - Chadwick Boseman dimakamkan di dekat kampung halamannya di Carolina Selatan enam hari setelah dia meninggal, menurut sertifikat kematian yang diperoleh pada Senin (14/9) oleh The Associated Press.

Dilansir Variety, Rabu, bintang "Black Panther" itu dimakamkan pada 3 September di Pemakaman Gereja Baptis Welfare, Belton, Carolina Selatan yang hanya berjarak 11 mil dari kampung halamannya di Anderson. Hal tersebut tercantum dalam sertifikat kematian yang dikeluarkan oleh wilayah Los Angeles.

Boseman meninggal di rumahnya dekat Taman Griffith, Los Angeles pada 28 Agustus 2020 di usia 43 tahun.

Penyebab kematiannya disebut karena gagal organ akibat kanker usus besar yang dideritanya selama empat tahun.

Setelah didiagnosis pada 2016, Boseman menjalani operasi untuk mengangkat kanker usus besar. Dalam sertifikat kematian tersebut juga tertulis bahwa Maret tahun ini Boseman juga menjalani operasi laparoskopi untuk mengangkat kanker yang telah menyebar.

Dokumen tersebut mencantumkan profesi Boseman sebagai "artis" dan industrinya sebagai hiburan. Selain "Black Panther", Boseman memiliki peran yang diakui secara kritis lewat "42", "Get on Up", dan "Marshall".

Pada hari penguburan Boseman, kampung halaman aktor tersebut menghormatinya dengan memorial komunitas dan pemutaran publik "Black Panther". Acara ini diselenggarakan di amfiteater luar ruangan dengan langkah-langkah jarak sosial.

Sebagian besar yang hadir memakai masker, sementara banyak anak yang memakai kostum "Black Panther" untuk menghormati Boseman.

Baca juga: Barack Obama mengenang Chadwick Boseman

Baca juga: Chadwick Boseman wafat, Netflix tunda "Ma Rainey's Black Bottom"

Baca juga: Chadwick Boseman meninggal dunia, siapa penerus tahta Wakanda?

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020