Anabatic-Huawei sediakan "private cloud" ekonomis bagi perbankan

Anabatic-Huawei sediakan "private cloud" ekonomis bagi perbankan

Presiden Direktur PT Anabatic Digital Raya Nugraha Santosa. ANTARA/HO-Anabatic

Opsi pembangunan private cloud untuk memenuhi kebutuhan server perbankan, bisa menjadi solusi
Jakarta (ANTARA) - PT Anabatic Digital Raya, yang merupakan subholding dari emiten teknologi PT Anabatic Technologies Tbk, dan Huawei Indonesia menyediakan layanan cloud yang bisa dinikmati secara privat oleh sebuah korporasi tertentu (private cloud) yang ekonomis bagi perbankan guna memenuhi kebutuhan transaksi digital yang terus meningkat pada masa pandemi COVID-19.

Presiden Direktur Anabatic Digital Raya Nugraha Santosa dalam pernyataan di Jakarta, Rabu, mengatakan pertumbuhan bisnis di era transformasi digital berkembang sangat pesat sehingga perusahaan harus bijak mengeluarkan investasi yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan saat ini.

"Opsi pembangunan private cloud untuk memenuhi kebutuhan server perbankan, bisa menjadi solusi guna mengantisipasi transaksi digital banking per detik yang meningkat cukup tajam di tengah pandemi COVID-19 saat ini," ujarnya.

Nugraha menuturkan pandemi COVID-19 dan berbagai intervensi pembatasan sosial yang diperlukan untuk menekan penyebaran virus COVID-19, berdampak signifikan terhadap peningkatan tren penggunaan transaksi digital.

Hal itu terjadi karena perubahan perilaku masyarakat yang beralih menggunakan transaksi digital seperti mobile banking atau perangkat transaksi virtual lainnya.

Meningkatnya transaksi digital, lanjut Nugraha, berdampak pada kemampuan server yang juga perlu ditingkatkan.

Mengadopsi private cloud dinilai menjadi pilihan terbaik saat ini guna mengantisipasi transaksi digital yang meningkat cukup tajam di tengah pandemi, terutama di sektor kritikal seperti perbankan.

Ia menuturkan, sektor perbankan perlu mengantisipasi lagging atau transaksi bottle neck  ketika puncak transaksi terjadi.

Melihat fenomena tersebut, Anabatic dan Huawei Indonesia berkolaborasi melalui produk Huawei High Performance Server dan Storage untuk private cloud yang dapat memenuhi kebutuhan sektor perbankan dengan harga yang ekonomis.

Direktur Cloud dan AI BG Huawei Indonesia Jason Zhang mengatakan sebagai penyedia ICT infrastruktur yang telah berdiri selama 20 tahun di Indonesia, pihaknya berfokus pada pembangunan koneksi Indonesia yang lebih baik dan memungkinkan pengembangan ekonomi digital ke depannya.

"Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan PT Anabatic Digital Raya dalam menyediakan solusi infrastruktur untuk sektor perbankan, termasuk computing dan storage," ujarnya.

Dengan private cloud, tutur Zhang, bank dapat mengelola, menerapkan, dan menggunakan layanan teknologi informasi (IT) secara lebih fleksibel dan juga dapat secara khusus menggunakan private cloud untuk melakukan dan menganalisis informasi lebih cepat dan membuat keputusan lebih tepat.

Baca juga: Teknologi komputasi awan kian diminati saat pandemi
Baca juga: Huawei Cloud buka program kemitraan untuk mengatasi virus corona
Baca juga: Anabatic siap pinjamkan gedung setara hotel bagi isolasi pasien corona

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

3 tips menjaga kesehatan mata di masa pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar