Mulai dari komunitas mahasiswa, ibu rumah tangga, profesional sampai dengan komunitas pendakwah, dan jaringan pesantren
Makassar (ANTARA) - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat saham syariah mencapai 63 persen dari saham yang tercatat di pasar modal Indonesia, sehingga BEI mendapat penghargaan internasional Global Islamic Finance Award (GIFA) 2020.

Hal itu dikemukakan Direktur Utama BEI Inarno Djajadi dalam keterangan persnya, Selasa, terkait penerimaan penghargaan The Best Islamic Capital Market dari GIFA secara virtual.

Selain itu, kata dia, kapitalisasi pasar saham syariah juga cukup besar mencapai 50 persen dan  volume perdagangan saham syariah sebesar 65 persen. Demikian pula dengan frekuensi perdagangan saham syariah sebesar 68 persen dan nilai transaksi perdagangan saham syariah mencapai 52 persen dari total perdagangan saham di BEI.

Baca juga: OJK paparkan perkembangan signifikan pasar modal syariah

Inarno mengatakan dalam perkembangan beberapa tahun terakhir, Pasar Modal Syariah Indonesia masih menjadi yang paling inovatif dan satu-satunya di dunia yang memiliki produk terlengkap dan mengintegrasikan investasi syariah di pasar modal serta filantropi Islam.

Selain memiliki produk investasi, wakaf saham, zakat saham, sedekah saham, dan wakaf sukuk, Pasar Modal Syariah Indonesia juga memiliki sukuk wakaf yang merupakan sukuk wakaf pertama di dunia.

Baca juga: 5.512 investor saham syariah baru bertambah di kuartal satu

Selain itu, BEI dianggap sebagai salah satu bursa efek di dunia yang berhasil mengembangkan konsep edukasi pasar modal syariah terintegrasi dengan melibatkan beragam jaringan komunitas di masyarakat.

"Mulai dari komunitas mahasiswa, ibu rumah tangga, profesional sampai dengan komunitas pendakwah, dan jaringan pesantren," katanya.

Kinerja pertumbuhan jumlah investor saham syariah sangat signifikan dilihat dari empat tahun terakhir. Jumlah investor saham syariah di Indonesia meningkat 536 persen. Per Agustus 2020 investor saham syariah telah mencapai 78.199 investor atau sekitar 5,9 persen dari total investor saham Indonesia.

Baca juga: 1.193 investor baru tercatat di Investival Syariah Kalbar




 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020