Tingkat manufaktur yang didukung kecerdasan cloud untuk UKM, memungkinkan akses ke penyesuaian batch kecil dan ketangkasan dalam produksi

Hangzhou, China (Antara/Business Wire)- Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA dan HKEX: 9988, “Alibaba” atau “Alibaba Group”) hari ini mengungkapkan model Produsen Baru untuk pertama kalinya dengan pembukaan Pabrik Digital Xunxi ("Xunxi").

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20200915006386/en/

Didukung oleh infrastruktur komputasi cloud dan IoT Alibaba, pabrik yang berbasis di Hangzhou memberi SME rantai pasokan manufaktur ujung ke ujung terdigitalkan yang memungkinkan produksi yang disesuaikan sepenuhnya dan didorong oleh permintaan. Hal ini memberi bisnis kecil dan produsen khususnya kemampuan untuk mendapatkan keuntungan dari digitalisasi pasar manufaktur China lebih dari RMB30 triliun (lebih dari USD4 triliun)1 melalui kemampuan untuk merespons perubahan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik dan lebih cepat.

“Data merupakan inti dari Manufaktur Baru dan memanfaatkan wawasan data adalah kunci untuk menangkap peluang baru dalam pergeseran preferensi konsumen untuk barang yang dipersonalisasi daripada yang diproduksi secara massal. Manufaktur Baru mengubah produsen tradisional dengan kecerdasan dan teknologi berbasis data untuk bergerak menuju model produksi yang lebih gesit berdasarkan permintaan waktu nyata, ”kata CEO Perusahaan Teknologi Digital Xunxi, Alibaba Group, Alain Wu. "Hal ini memungkinkan produsen tradisional meningkatkan profitabilitas dan mengurangi tingkat inventaris sambil tetap dapat memenuhi kebutuhan personalisasi ini."

Pengenalan Manufaktur Baru adalah tonggak sejarah lain dalam penerapan strategi "Lima Baru" Alibaba yang pertama kali diperkenalkan oleh pendiri Jack Ma pada tahun 2016, dan terdiri dari Ritel Baru, Manufaktur Baru, Keuangan Baru, Teknologi Baru, dan Energi Baru.

Pada tahap awal, pakaian diidentifikasi sebagai titik awal untuk Xunxi - sebuah sektor di mana siklus produksi yang panjang dan tingkat inventaris yang tinggi telah lama menjadi masalah bagi pemain kecil dan besar. Didukung oleh teknologi baru seperti sumber daya waktu nyata, perencanaan proses dan biaya, logistik in-house otomatis, dan sistem operasi manufaktur Xunxi, pabrik dapat memproduksi pesanan dalam jumlah kecil dengan biaya yang wajar dan dengan waktu pengiriman yang lebih singkat, sehingga meningkatkan efisiensi produksi dari 25% menjadi rata-rata 55%.

Tren Xunxi dan model perkiraan penjualan bersama dengan platform desain produk terintegrasi yang dibantu kecerdasan buatan memberikan wawasan produsen ke dalam preferensi konsumen. Aliran informasi yang ditingkatkan ini dapat mengurangi biaya penelitian dan pengembangan serta memungkinkan bisnis untuk menangkap peluang yang berkembang pesat untuk personalisasi konsumen.

Pakaian secara konsisten menjadi salah satu kategori terbesar di pasar ritel Alibaba di China, yang telah memberi perusahaan keuntungan yang tak tertandingi dalam mengumpulkan wawasan pelanggan. Di masa lalu, persediaan berlebih telah menyebabkan hilangnya pendapatan sebesar 30% di seluruh industri. Pilot Xunxi menunjukkan komitmen Alibaba untuk mempermudah berbisnis di mana saja. Memanfaatkan produksi 'buatan cloud' ini, usaha kecil dan menengah dapat tetap kompetitif di pasar fashion yang bergerak cepat.

Sejak awal, pabrik telah berkolaborasi dengan pedagang Taobao dan Tmall, penyiar siaran langsung dan perancang pakaian jalanan untuk mengeksplorasi dan bereksperimen dengan kemungkinan baru dalam pembuatan pakaian.

Pada tanggal 14 September, Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) menetapkan Pabrik Digital Xunxi sebagai Mercusuar sebagai bagian dari Jaringan Mercusuar Globalnya, sebuah komunitas perusahaan terkemuka dunia yang telah berhasil mengadopsi teknologi Revolusi Industri Keempat dalam skala besar. Penunjukan tersebut mengakui pencapaian Xunxi dalam menggabungkan teknologi digital yang kuat dengan wawasan konsumen dan menghidupkan model Manufaktur Baru yang sepenuhnya digital.

Pameran Xunxi hadir pada saat pandemi COVID-19 mengkatalisasi akselerasi dalam transformasi digital berbagai industri. Di masa depan, Pabrik Digital Xunxi akan membantu pelanggan pakaian jadi mengurangi tingkat persediaan lebih jauh, sambil terus meningkatkan efisiensi serta tingkat penyesuaian. Seiring perkembangan inisiatif, teknologi akan direplikasi ke sektor lain selain fokus fashion dan pakaian jadi saat ini. Wu menambahkan, "Kami berharap dapat belajar dari dan bermitra dengan rekan-rekan industri untuk membangun ekosistem Manufaktur Baru bersama-sama."

Tentang Alibaba Group

Misi Alibaba Group adalah untuk membuat bisnis mudah dilakukan di mana saja. Perusahaan ini bertujuan untuk membangun infrastruktur perdagangan masa depan. Membayangkan bahwa para pelanggannya akan bertemu, bekerja, dan hidup di Alibaba, dan akan menjadi perusahaan bagus yang bertahan paling tidak 102 tahun.
________________________________________

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20200915006386/en/

Kontak
Jay Zhou
Alibaba Group
+86 186 0104 8875

Claire Zhao
Alibaba Group
+852 9727 8923

Sumber: Alibaba Group Holding Limited

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020