Platform digital keuangan tawarkan layanan pengelolaan kas untuk UKM

Platform digital keuangan tawarkan layanan pengelolaan kas untuk UKM

Tangkapan layar Co-Founder & CEO tanamduit (PT Star Mercato Capitale) Rini Hapsari saat memberikan paparan dalam jumpa pers secara virtual di Jakarta, Kamis. (ANTARA/Citro Atmoko)

Rata-rata UKM, yayasan, koperasi, maupun institusi lain dalam mengelola dana kas transaksional hanya memanfaatkan produk bank berbentuk giro dan tabungan, di mana bunga yang dihasilkan hanya sekitar satu persen per tahun
Jakarta (ANTARA) - Platform digital manajemen keuangan Tanamduit menyediakan layanan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan juga institusi lainnya untuk mengoptimalkan pengelolaan kasnya.

Co-Founder & CEO Tanamduit Rini Hapsari mengatakan melalui layanan tersebut pelaku bisnis dapat mengalokasikan dana kas yang tidak terpakai ke produk reksa dana pasar uang yang ada di tanamduit bisnis.

"Rata-rata UKM, yayasan, koperasi, maupun institusi lain dalam mengelola dana kas transaksional hanya memanfaatkan produk bank berbentuk giro dan tabungan, di mana bunga yang dihasilkan hanya sekitar satu persen per tahun," ujar Rini saat jumpa pers secara virtual di Jakarta, Kamis.

Baca juga: OJK ingin digitalisasi UMKM dengan berdayakan lembaga keuangan mikro

Rini menuturkan dengan menempatkan dana menganggur i reksa dana pasar uang yang memiliki imbal hasil lebih tinggi, yakni sekitar 5-7 persen per tahun, pencairan yang dapat dilakukan kapanpun tanpa penalti, dan risiko rendah setara deposito, pelaku bisnis dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh.

Manfaat lain yang dapat dirasakan oleh investor adalah proses transaksi yang mudah dan dilakukan secara daring melalui situs tanamduit bisnis (https://id.tanamduit.com/bisnis), sehingga dalam jumlah dana yang besar pun, investor dapat melakukan dimana saja.

Baca juga: Perusahaan keuangan digital rilis fitur baru untuk investasi emas

Dalam fitur tersebut, investor disajikan dengan data kinerja historis reksa dana, prospektus, dan fund fact sheet yang berfungsi untuk membantu investor dalam menemukan produk yang sesuai.

Tanamduit juga menyajikan produk reksa dana pasar uang yang beragam dari jenis konvensional maupun syariah yang berasal dari berbagai Manajer Investasi (MI) yang terpercaya. Semua produk reksadana pasar uang yang ditawarkan memiliki fitur dapat dicairkan sewaktu waktu dimana dana akan efektif pada T+1 (hari kerja bursa) dari instruksi pencairan.

Baca juga: Bahlil: Kalau fokus kelola UMKM, ekonomi tumbuh 4 persen mudah dicapai
 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menteri Darmin sebut fintech tingkatkan inklusi keuangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar