Yasonna minta mahasiswa harus terapkan Pancasila sebagai pedoman hidup

Yasonna minta mahasiswa harus terapkan Pancasila sebagai pedoman hidup

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyampaikan orasi ilmiah pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Kristen Indonesia (UKI) TA 2020/2021 yang digelar secara daring, Senin (14/9/2020). (ANTARA/Ho-Humas Universitas Kristen Indonesia)

Mahasiswa harus dapat menerapkan dan menjalankan Pancasila sebagai pedoman hidup
Jakarta (ANTARA) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly meminta kepada para mahasiswa untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup.

Menurut Yasonna, pembentukan mental karakter yang memiliki fondasi nilai Pancasila diharapkan dapat mengantisipasi dampak negatif perkembangan cepat teknologi dan dunia maya di era disruptif seperti sekarang ini.

“Mahasiswa harus dapat menerapkan dan menjalankan Pancasila sebagai pedoman hidup di dalam masyarakat dan di dalam kehidupan akademiknya. Mahasiswa harus menempa dirinya secara terus-menerus, agar menjadi kader bangsa yang memiliki jati diri," ujar Yasonna dalam keterangan tertulis yang diterima, di Jakarta, Kamis.

Yasonna menyampaikan orasi ilmiah pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Kristen Indonesia (UKI) TA 2020/2021 yang digelar secara daring.

Adapun PKKMB daring itu dilakukan selama dua hari, yakni pada 14-15 September 2020, dengan tema "Creativity and Excellence".

Dalam kesempatan itu, Yasonna juga menyinggung mengenai visi Indonesia Hebat yang diwujudkan melalui pilihan dan desain politik hukum nasional berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Dia mengatakan untuk membangun Indonesia yang hebat melalui politik hukum nasional diperlukan strategi dan kemampuan dari seluruh komponen anak bangsa.

"Dibutuhkan peran serta masyarakat khususnya sivitas akademika untuk meningkatkan kualitas peraturan perundang-undangan," ujar Yasonna.
Baca juga: Sekjen PDIP harapkan kader PMKRI jadikan Pancasila pedoman hidup


Dia pun berharap perguruan tinggi dapat berperan dalam melakukan kajian riset terhadap pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam peraturan perundang-undangan, sehingga politik hukum nasional tetap pada koridor visi Indonesia Hebat sebagai tujuan konstitusional.

Rektor UKI Dhaniswara K Harjono berpesan agar para mahasiswa baru bisa memanfaatkan kesempatan belajar di perguruan tinggi Kristen tertua di Indonesia tersebut, sehingga kelak dapat meraih keberhasilan dan mengabdi kepada nusa dan bangsa.

"Alumni UKI telah berkiprah di berbagai bidang dengan prestasi yang sangat membanggakan. Gunakan kesempatan belajar ini semaksimal mungkin," ujar Dhaniswara.

Dalam kegiatan PKKMB itu, turut diadakan seminar kebangsaan dari Rindam Jaya, bincang inspiratif bersama Yosi Mokalu dari Gerakan Nasionalisme Radikal, serta gelaran video kreasi dance tiktok dengan lagu UKI HEBAT yang dibawakan oleh mahasiswa baru UKI.
Baca juga: Fadli: Pancasila pedoman capai kebebasan
Baca juga: Kominfo:Pancasila menjadi pedoman bangun manusia Indonesia

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar