Jakarta, 9/2 (ANTARA) - UNESCO telah memasukan batik, wayang, dan keris ke dalam daftar warisan budaya tak benda dunia. Karya budaya Indonesia itu diakui sebagai warisan budaya dunia.

Sertifikat pengakuan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) untuk batik, keris, dan wayang Indonesia ke dalam daftar warisan budaya tak benda dunia itu diserahkan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dan diteruskan kepada Menbudpar Ir. Jero Wacik, SE di kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat Jakarta, Jumat (5/2).

"Selain sertifikat pengakuan terhadap tiga mata budaya tak benda, pemerintah juga menerima sertifikat best practices pelestarian batik," kata Menko Kesra Agung Laksono, seusai menyerahkan sertifikat ke Menbudpar Jero Wacik.

Menurut Agung, kita semua punya tanggung jawab untuk melestarikan warisan budaya ini, misalnya, dengan sering memakai batik maupun menonton wayang.

Menurut Menbudpar Jero Wacik, berbagai upaya dilakukan di antaranya pemerintah (Kemenbudpar-Red) telah meminta pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI ) untuk memerintahkan anggotanya agar menggunakan batik sebagai hiasan interior hotel dan restoran serta batik digunakan sebagai cinderamata kepada tamu hotel.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010