Jayapura (ANTARA) - Tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI diturunkan ke beberapa provinsi untuk memantau penanganan COVID-19, salah satunya di Papua.

Tenaga Ahli Kemenkes RI Bidang Krisis Kesehatan Iwan Trihapsoro di Jayapura, Kamis, mengatakan kedatangan timnya sebagai tugas yang diberikan oleh Presiden yakni untuk menekan angka baru COVID-19, menurunkan angka kematian dan menaikkan angka kesembuhan.

"Untuk Provinsi Papua, tim ini terdiri dari sembilan orang dan akan bertugas selama dua minggu guna mencapai target yang telah ditetapkan," katanya.

Baca juga: Kemenkes tegaskan rapid test tetap dilakukan untuk pelaku perjalanan

Menurut Iwan, pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah daerah, satgas COVID, dinas kesehatan dan instansi terkait.

"Kami akan mulai dengan melihat permasalahan di rumah sakit, karena untuk menekan angka baru, menurunkan angka kematian dan menaikkan angka kesembuhan, harus memiliki sumber daya manusia serta sarana yang baik," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya akan melihat kekurangan apa saja yang dibutuhkan sehingga pemerintah pusat dapat membantu.

"Begitu juga yang digencarkan oleh Presiden yakni kampanye masker sampai sejauh mana protokol kesehatan dijalankan oleh masyarakat," katanya lagi.

Dia menambahkan seharusnya dengan disiplin melaksanakan gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), COVID-19 ini dapat dicegah.

Baca juga: Presiden minta Kemenkes buat rencana tes COVID-19 seluruh provinsi
Baca juga: DKI Jakarta laksanakan prosedur baru uji usap sesuai pedoman Kemenkes
Baca juga: Kemenkes: Kebiasaan merokok generasi muda dapat ancam bonus demografi

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020