Kemenhub rancang rute penerbangan pendistribusian vaksin COVID-19

Kemenhub rancang rute penerbangan pendistribusian vaksin COVID-19

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Di mana pada masa COVID-19 vaksin telah selesai, maka rute yang digunakan untuk mendistribusikan vaksin ke seluruh Indonesia sangat vital
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah merancang rute penerbangan yang akan digunakan untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 apabila telah resmi didapatkan.

“Di mana pada masa COVID-19 vaksin telah selesai, maka rute yang digunakan untuk mendistribusikan vaksin ke seluruh Indonesia sangat vital,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto dalam dialog publik virtual peringatan Hari Perhubungan Nasional yang bertajuk “Wujudkan Asa, Majukan Indonesia” di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan rute-rute tersebut juga yang digunakan untuk penerbangan tol udara dalam rangka menekan disparitas harga bahan pokok.

Baca juga: Erick Thohir yakinkan 30 juta vaksin COVID tersedia akhir tahun ini

“Kami juga memiliki program besar untuk menghilangkan disparitas harga, terutama bahan pokok masyarakat. Program ini sedang kami tingkatkan terus,” katanya.

Dalam pendistribusiannya, Novie mengatakan pihaknya juga akan bekerja sama dengan operator moda lain yang ada di seluruh Indonesia.

“Tentu kita akan kerja sama dengan moda transportasi lain dan operator yang ada di seluruh Indonesia,” katanya.

Program tersebut masuk dalam rencana induk konektivitas kargo di mana terdapat 11 bandara kargo yang direncanakan sebagai bandara kargo dengan lima di antaranya juga sebagai bandara yang dikerjasamakan melalui Asean Open Sky Agreement (2009 dan 2010).

Baca juga: Presiden Jokowi: 8 bandara berpotensi jadi hub akselerasi pariwisata

Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan penataan sektor pariwisata dan penerbangan


Bandara internasional untuk pelayanan kargo, meliputi Kualanamu Medan, SM Badaruddin II Palembang, Hang Nadim Batam, Soekarno-Hatta Tangerang/Jakarta, Juanda Surabaya, Supadio Pontianak, Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Sultan Hasanuddin Makssar, I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Sam Ratulangi Manado, dan Frans Kaisiepo Biak.

Adapun empat bandara hub kargo yang melayani wilayah Timur, yakni Makassar, Ngurah Rai, Manado, dan Frans Kaisiepo, dengan super hub kargo nasional di Bali (kargo transhipment) dan Soekarno-Hatta (kargo village).

Sementara itu lima bandara yang akan diliberalisasi untuk mendukung kebijakan ASEAN Open Sky antara lain, Kualanamu-Medan, Soekarno-Hatta, Juanda-Surabaya, I Gusti Ngurah Rai-Bali, dan Sultan Hasanuddin-Makassar.

Baca juga: Harhubnas, Menhub ingin transportasi jadi garda terdepan cegah pandemi

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gairahkan penerbangan, INACA kampanye aman di perjalanan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar