Jakarta (ANTARA News) - PT Intiland Development Tbk akan menggarap perumahan melalui divisi khusus yang dinamakan ID Home, divisi usaha baru Intiland yang bernaung di bawah bendera PT Intiland Esperto.

"Divisi usaha baru ini bersifat stategis dan bertujuan sebagai langkah ekspansi perseroan dalam rangka mengeksplorasi seluruh potensi bisnis di sektor perumahan," kata Direktur Pengembangan Bisnis Intiland Utama Gondokusumo di Jakarta, Selasa.

Divisi usaha baru ini fokus pada perumahan dengan skala kecil yang eksklusif dan berada di lokasi-lokasi premium.

"Kami menargetkan ID Homes untuk menangani proyek-proyek perumahan dengan luas lahan maksimal hingga 3 hektar. Lahan tersebut harus berada di lokasi yang strategis dan memiliki akses transportasi dan fasilitas yang cukup baik," ujarnya.

Strategi ini sekaligus untuk menyiasati semakin terbatasnya pasokan lahan serta semakin sulitnya pembebasan lahan untuk proyek perumahan di kawasan perkotaan, kata Utama.

Menurut dia, strategi Intiland mendirikan divisi ini juga didasari oleh tingginya minat masyarakat untuk memiliki rumah tinggal di daerah strategis dan nyaman, serta tidak jauh dari kawasan pusat bisnis.

Intiland berusaha mewujudkan impian tersebut dengan menyediakan perumahan skala kecil atau dengan istilah lain disebut "gated community", yang memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan yang kian kompleks.

Intiland melihat dewasa ini sebagian masyarakat perkotaan memiliki kecenderungan untuk tinggal di sebuah kawasan perumahan yang tidak terlalu besar dan bersifat private.

Mereka ingin tinggal di lingkungan yang memiliki kesetaraan dari strata ekonomi maupun profesi, sehingga memungkinkan bisa untuk saling mengenal lebih dekat.

"ID Homes selalu memprioritaskan proyek-proyeknya berada di kawasan strategis dengan fasilitas pendukung yang memadai. Bagi kami, tinggal di kawasan perkotaan tidak selalu identik dengan kepadatan dan kekumuhan," ujarnya.

Lewat ID Homes, Intiland menawarkan kepada konsumen arti kenyamanan tinggal di kawasan perkotaan, ujarnya lebih lanjut.

Pada saat ini ID Homes telah memulai pembangunan sejumlah proyek perumahan di sejumlah wilayah strategis di Jakarta, antara lain berlokasi di Pondok Pinang, Lebak Bulus, dan Pasar Minggu Jakarta Selatan.

ID Homes juga menyiapkan proyek serupa di kawasan Legian, Bali. (G001/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010