LAW: Selesaikan persoalan pemilihan Ketua PWI Jateng secara internal

LAW: Selesaikan persoalan pemilihan Ketua PWI Jateng secara internal

Kuasa hukum salah satu kandidat Ketua PWI Jateng Gunawan Permadi menunjukkan bukti lapor usai mengadu ke Ditkrimsus Polda Jateng, Kamis. (ANTARA/ HO-Office Rangkey Margana & Associate) (ANTARA/ HO-Office Rangkey Margana & Associate)

Semarang (ANTARA) - Ketua Lembaga Advokasi Wartawan (LAW) PWI Jawa Tengah Zainal Abidin Petir menyarankan pelaporan dugaan pencemaran nama baik oleh salah seorang kandidat Ketua PWI Jawa Tengah Gunawan Permadi terhadap Ketua Tim Pemenangan Kandidat Ketua PWI Amir Machmud bisa diselesaikan secara internal organisasi.

"Keduanya merupakan anggota PWI, semestinya bisa diselesaikan di tingkat organisasi," kata Zainal Petir di Semarang, Jumat.

Menurut dia, permasalahan tersebut diduga bermula dari saling dukung kandidat yang akan maju dalam Konferensi PWI Provinsi Jawa Tengah yang salah satu agendanya yakni pemilihan Ketua PWI Jawa Tengah periode 2020-2025.

Baca juga: DK PWI kecam pihak yang melecehkan kredibilitas wartawan dan media

"Kalau memang ada informasi yang tidak benar seharusnya bisa saling klarifikasi. Jangan sedikit-sedikit lapor polisi. Ayo latihan dewasa dalam menyikapi perbedaan. Kalau saya mau lapor polisi, banyak yang akan kena terkait unggahan di media sosial yang melanggar UU ITE," katanya.

Ia menuturkan Lembaga Advokasi Wartawan siap memberikan pendampingan hukum terhadap semua wartawan di bawah naungan PWI yang sedang berhadapan dengan masalah hukum.

Baca juga: PWI ingatkan wartawan proporsional sampaikan informasi Pilkada

Sebelumnya diberitakan, kandidat Ketua PWI Jawa Tengah Gunawan Permadi mengadukan Solikun, Ketua Tim Pemenangan Kandidat Ketua PWI Jateng, Amir Machmud, ke polisi atas dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Laporan dilakukan Gunawan Permadi melalui kuasa hukumnya, Rangkey Margana, ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah di Semarang, Kamis (17/9).

Laporan dugaan pencemaran nama baik oleh Gunawan Permadi diduga bermula dari pernyataan Solikun di salah satu media daring menjelang pelaksanaan Konferensi PWI Provinsi Jawa Tengah pada 18 hingga 19 September 2020.

Baca juga: PWI Pusat bentuk pengurus Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu

Gunawan Permadi dan Amir Machmud merupakan dua kandidat yang telah mendaftar untuk bertarung dalam pemilihan Ketua PWI Jawa Tengah.

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gandeng PWI Malang Raya, BPJS Kesehatan ajak pedagang perangi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar