Salang Pass, Afghanistan (ANTARA News/Reuters) - Tim darurat Afghanistan telah menemukan lebih dari 150 jenazah dari sebuah jalan kecil gunung di bagian utara yang dihantam oleh serangkaian salju longsor, seorang pejabat mengatakan Rabu.

Berhari-hari salju berat telah memicu salju longsor yang menimbun terowongan Salang, buatan-Uni Soviet, sepanjang 2,6Km, rute penting yang melintasi jajaran gunung Hindu Kush, yang menghubungkan anak benua India ke Asia tengah.

"Sayang 150 lebih dari orang senegeri kami telah tewas akibat salju dan dingin yang membekukan, dan ratusan orang yang lagi telah terluka," Jenderal Mohammad Rajab, kepala dinas jajan raya Kabul-Salang, mengatakan kepada Reuters.

Ia menambahkan puluhan orang yang selamat telah ditemukan Rabu.

Tentara, tim pertolongan dan warga desa setempat membawa orang-orang tua yang terluka dan anak-anak beberapa mil di punggung mereka.

Basir Salangi, Gubernur Provinsi Parwan --tempat terowongan Salang berada, menjelaskaan jalan itu telah dibersihkan, tapi kondisinya masih berbahaya karena ancaman salju longsor lagi dan badai salju.

Tim liputan Reuters di tempat itu melihat orang-orang yang selamat di dalam sebuah bus penumpang yang hanyut masuk ke jurang curam, berteriak minta bantuan. Beberapa mobil kecil dan sedikitnya dua bus dapat dilihat dalam di jurang itu.

Menteri Pertahanan Afghanistan Abdul Rahim Wardak menyatakan 3.000 orang telah terperangkap di dalam sejumlah kendaraan di sepanjang jalan kecil gunung pada ketinggian 3.400 meter itu. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010