Pasien sembuh dari COVID-19 di Aceh bertambah 246 orang

Pasien sembuh dari COVID-19 di Aceh bertambah 246 orang

Dokumentasi - Seorang pasien positif COVID-19 (depan) yang dinyatakan sembuh berjalan menuju ruang tunggu saat proses pemulangan di Rumah Sakit Zainal Abidin, Banda Aceh, Senin, (13/4/2020). (ANTARA/Ampelsa)

pasien COVID-19 dilaporkan sembuh 246 orang, meski kasus baru juga bertambah 116 orang
Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 246 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Aceh dinyatakan telah sembuh pada Jumat ini, sehingga totalnya telah mencapai 1.375 orang sejak awal terdeteksi kasus perdana pada Maret 2020.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani, di Kota Banda Aceh, Jumat, mengatakan bahwa pasien sembuh paling banyak asal Kabupaten Aceh Besar yang mencapai 149 orang.

"Alhamdulillah pasien COVID-19 yang dilaporkan sembuh 246 orang, meski kasus baru juga bertambah 116 orang," kata Saifullah.

Ia menjelaskan selain pasien sembuh asal Aceh Besar, juga tercatat warga Aceh Timur 31 orang, warga Nagan Raya 31 orang, dan warga Bireuen 13 orang.

Baca juga: IGD RSUD Langsa tutup karena 11 tenaga kesehatan positif COVID-19

Selanjutnya, kata Saifullah, pasien sembuh asal Aceh Tamiang sembilan orang, serta Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan masing-masing enam orang.

"Kita bersyukur atas kesembuhan 246 pasien COVID-19 ini karena ada di antara mereka yang memiliki penyakit penyerta dan memiliki risiko tinggi tidak tertolong," katanya.

Jubir yang akrab disapa SAG itu menjelaskan bahwa dalam dua hari terakhir ini pasien sembuh COVID-19 meningkat drastis, seiring masuknya data pasien sembuh ke provinsi dari setiap kabupaten/kota.

Baca juga: Pemko Banda Aceh akan uji swab massal 5.000 warga

"Sebenarnya angka dua minggu yang lalu tidak naik angka kesembuhan sebetulnya mereka (pasien) sudah sembuh, tapi untuk tercatat dalam data sebagai pasien sembuh pasien harus menunjukkan surat keterangan," katanya.

Menurut SAG, apabila seseorang selesai menjalani isolasi mandiri di rumah maka harus menunjukkan surat keterangan sembuh dari puskesmas. Kemudian, apabila dirawat di rumah sakit maka surat keterangan sembuh harus dari rumah sakit tersebut
Baca juga: Pasien terinfeksi COVID-19 di Aceh capai 3.000 orang lebih

"Walaupun secara ril, fisik, mereka sebenarnya sudah sembuh, tapi secara administratif dia belum mendapatkan keterangan sembuh. Sehingga kemarin dan hari ini banyak terkumpul semuanya, kemudian dimasukkan ke data kesembuhan," ujarnya.

Secara keseluruhan kasus COVID-19 Aceh mencapai 3.351 orang, di antaranya 1.846 orang dalam penanganan tim medis di rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri, 1.375 orang telah dinyatakan sembuh, dan 130 orang meninggal dunia.

Baca juga: DPR Aceh minta Pemprov cairkan insentif tenaga kesehatan

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kekerasan terhadap anak & perempuan di Banda Aceh capai 99 kasus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar