Sebanyak 31 orang di Ponpes Al Izzah Kota Batu positif COVID-19

Sebanyak 31 orang di Ponpes Al Izzah Kota Batu positif COVID-19

Dokumentasi - Para santri pada saat melaksanakan pelantikan pengurus baru Student Leader Community Al Izzah International Islamic Boarding School, pada 17 Agustus 2020. (ANTARA/alizzah-batu.sch.id)

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 31 orang yang terdiri dari santri, pegawai, dan pengelola di Al Izzah International Islamic Boarding School, Kota Batu, Jawa Timur, dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batu M Chori mengatakan sebanyak 31 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut, dalam keadaan tidak bergejala dan tengah menjalani isolasi mandiri di fasilitas Al Izzah.

"Saat ini, ada 31 orang yang dinyatakan positif COIVD-19. Mereka menjalankan isolasi mandiri, di bawah pengawasan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dan Kota Batu, termasuk rumah sakit rujukan," kata Chori, di Kota Batu, jawa Timur, Jumat.

Chori menambahkan pada 31 Agustus hingga 13 September 2020, sebanyak 748 orang santri, pegawai, dan pengelola Al Izzah International Islamic Boarding School, Kota Batu, telah menjalani tes usap atau uji swab.

Baca juga: Wali Kota Batu perintahkan dinkes lakukan pelacakan di Ponpes Al Izzah

Baca juga: Tambah satu, ASN positif COVID-19 di Kota Batu-Jatim naik 23 kasus


Dari total sebanyak 748 orang yang menjalani tes usap tersebut, kata Chori, sebanyak 31 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Tes usap tersebut dilakukan terhadap seluruh santri, pegawai, dan pengelola pondok pesantren Al Izzah.

"Dari 748 orang yang menjalani tes PCR, didapatkan hasil 31 orang terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Chori.

Dia menjelaskan kasus pertama yang terjadi di Pondok Pesantren Al Izzah tersebut terkonfirmasi pada 23 Agustus 2020. Saat itu, salah satu santri berinisial H, telah melaksanakan tes usap secara mandiri, di National Hospital Surabaya, dengan hasil positif COVID-19.

Pada 28 Agustus 2020, santri berinisial H tersebut, dinyatakan sembuh dengan hasil negatif tes usap COVID-19 untuk kali kedua. Pihak Pondok Pesantren Al Izzah melaporkan hal tersebut kepada Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batu pada 30 Agustus 2020.

"Karena pertimbangan waktu pelaporan yang sudah cukup lama, maka diputuskan untuk melaksanakan tes usap pada seluruh santri dan pengelola Pondok Pesantren Al Izzah," ujar Chori.

Chori menambahkan, bagi seluruh santri dan pengelola yang termasuk kategori kontak erat dengan kasus konfirmasi positif, seluruhnya telah menjalani karantina mandiri di lokasi yang terpisah dengan kasus positif.

Al Izzah International Islamic Boarding School merupakan salah satu pondok pesantren besar yang ada di wilayah Kota Batu, Jawa Timur. Secara keseluruhan, kurang lebih 1.000 santri yang menimba ilmu di ponpes itu.

Pada Jumat (18/9), di Kota Batu terjadi penambahan 35 kasus baru positif COVID-19, sehingga secara keseluruhan ada 385 pasien positif. Dari total tersebut, sebanyak 274 orang dinyatakan sembuh, 28 orang meninggal dunia, dan sisanya dalam perawatan.*

Baca juga: GTPP: 22 ASN dan THL di Pemkot Batu-Jatim positif COVID-19

Baca juga: Balai Kota Among Tani akan ditutup empat hari untuk sterilisasi

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satgas COVID-19: pesantren bisa jadi contoh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar