Anti Hoax

Hoaks, istri Sekda DKI Jakarta dirawat di ICU

Hoaks, istri Sekda DKI Jakarta dirawat di ICU

Suasana pemakaman Sekda DKI Jakarta almarhum Saefullah di sekitar rumah duka, Jalan Sungai Kendal, RT 03/RW 08, Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (16/9/2020). ANTARA/Handout/aa.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah pesan beredar lewat aplikasi WhatsApp tentang istri mendiang Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah sedang dirawat di ruang perawatan intensif (ICU) dengan kondisi kritis.

Berikut narasi lengkap yang beredar ke beberapa pengguna WhatsApp:

"Assalamu'alaikum wrwb...
Isteri Pak Sekda saat ini juga sedang di rawat Di ICU ...
Bismillah biidznillah ...
Dengan memohon Ridho, serta ksh syg Allah serta kasih sayang kita semua kita niatkan doa kita untuk ibu hj Rusmiyati bin H mardani, yg sedang dalam keadaan kritis jg semoga daya tahan tubuhnya kuat, serta diberikan kesembuhan yang terbaik dari Allah SWT
Lahaula wala quwwata ilabillah 
Al fatihah"


Tapi, apakah informasi tersebut memang benar?

Penjelasan:

Melansir situs kominfo.go.id, informasi tersebut tidak benar. Orang terdekat almarhum Saefullah mengatakan kabar tentang Rusmiati, istri almarhum Sekda DKI Saefullah, adalah hoaks.

Rusmiati dalam keadaan sehat dan berada di rumah, bukan di rumah sakit. Rusmiati memang terindikasi positif COVID-19 dan sempat dirawat di rumah sakit dan dirawat selama lima hari. 

Tapi, Rusmiati sempat menghadiri pemakaman suaminya. Sekda Saefullah tutup usia di RSPAD Gatoto Subroto, Jakarta Pusat, pada Rabu (16/9) pukul 12.55 WIB.

Saefullah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan sejak 8 September 2020. Tapi, dia lantas dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto, pada Minggu (13/9) dini hari.

Saefullah telah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta sejak 17 Juli 2014. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat pada 2008-2014.
 
Tangkapan layar pesan hoaks yang menyatakan istri dari almarhum Sekda DKI Jakarta Saefullah sedang dirawat di ICU. (Kominfo)


Klaim: Istri Sekda DKI dirawat di ICU
Rating: hoaks

Cek fakta: Ada pembagian masker yang diberi bius? Cek faktanya

Baca juga: Sekda DKI juga pribadi yang peduli keselamatan orang lain

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Peneliti pandemi sarankan untuk tidak berwisata ke luar daerah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar