Bamsoet minta KPU dan Dukcapil sinergi mutakhirkan data pemilih

Bamsoet minta KPU dan Dukcapil sinergi mutakhirkan data pemilih

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). ANTARA/dokumentasi pribadi

KPU meningkatkan koordinasi dengan KPUD untuk memperbaiki penyusunan daftar pemilih sehingga dapat menjamin hak pilih masyarakat pada pilkada.
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta KPU bersinergi dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri serta Badan Pusat Statistik untuk memverifikasi dan memutakhirkan data pemilih pada Pilkada Serentak 2020.

"KPU perlu bersinergi dengan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri dan BPS untuk memverifikasi dan memutakhirkan data pemilih dengan proses kroscek sehingga dapat meminimalisasi kesalahan data pemilih dalam penyelenggara pemilu," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Hal itu dikatakan Bamsoet terkait dengan hasil pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Serentak 2020 yang masih memerlukan cukup banyak pembenahan data pemilih.

Baca juga: Bawaslu Karawang temukan 8.746 orang meninggal terdata pemilih pilkada

Baca juga: KPU Nunukan coklit data pemilih pilkada hingga perbatasan Malaysia


Bamsoet juga meminta KPU meningkatkan koordinasi dengan KPUD untuk memperbaiki penyusunan daftar pemilih sehingga dapat menjamin hak pilih masyarakat pada pilkada.

Bamsoet juga meminta perangkat pemerintah daerah (pemda) hingga tingkat rukun tetangga (RT) bersama masyarakat untuk turut aktif dalam melakukan pengecekan DPS.

"Saya meminta perangkat pemda hingga tingkat RT bersama masyarakat aktif mengecek DPS dan melaporkan apabila menemukan permasalahan," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wakil Ketua MPR RI ajak saling peduli di tengah pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar