Jakarta (ANTARA) - Musisi jazz Indra Lesmana kembali melalui album terbarunya bertajuk "Sleepless Nights", yang menghadirkan sentuhan jazz dengan nuansa lo-fi.

Sejak merilis album pertamanya di tahun 1978, ini adalah album vokal pertama Indra yang seluruh materi lagunya merupakan lagu jazz standard.

"Lagu-lagu yang terdapat dalam album ini adalah beberapa dari lagu jazz standard yang kerap saya dengarkan bersama orang tua sejak saya kecil hingga keluarga saya sekarang," kata Indra melalui keterangannya, Minggu.

Baca juga: Benny Likumahuwa meninggal, Indra Lesmana: Terlalu banyak kenangan

Baca juga: Eva Celia dan Tohpati bakal kolaborasi virtual di "Mostly Jazz Live"


"Perjalanan karya-karya musik ini telah melintasi waktu dan menyentuh begitu banyak generasi. Untuk saya pribadi, memainkan kembali karya-karya ini sedianya menjadi salah satu bentuk apresiasi dan penghargaan saya kepada para penciptanya “ ujarnya menambahkan.

Berbeda dengan album-album produksi sebelumnya, pada album “Sleepless Nights“, Indra menghadirkan jazz dengan sentuhan Lo-fi.

Keseluruhan produksi musik dikerjakan oleh Indra Lesmana sendiri, termasuk diantaranya dalam membuat aransemen musik, memainkan dan merekam seluruh instrumen keyboards, gitar, saxophone, menyanyikan seluruh lagu hingga proses mixing dan mastering.

Menurut dia, situasi pandemi menjadi hal yang cukup menantang bagi semua orang, termasuk praktisi musik, karena harus berkreasi secara mandiri dari rumah.

"Selama masa karantina, saya melanjutkan kemampuan bermusik saya dan berkreasi di rumah secara mandiri," kata Indra.

Baca juga: 7 tahun rehat, JakJazz guncang lagi negeri dengan revolusi teknologi

Baca juga: Tantangan "konser online" bagi Dewa Budjana dan Indra Lesmana


"Semula, saya mencoba merancang musik yang sekiranya dapat menemani anak-anak saya belajar. Kemudian saya memutuskan untuk menggarap beberapa lagu ballad jazz standard dengan sentuhan lo-fi," imbuhnya.

Indra pun berharap karya ini dapat menjadi kontribusi dan inspirasi yang positif dan dapat menghibur, pecinta musik lintas generasi dan juga para pecinta musik yang tengah dalam masa pemulihan dan juga tenaga medis yang kiranya menggemari jenis musik ini.

“Sleepless Nights“ yang merupakan album solo Indra ke-27 ini terdiri dari delapan buah lagu, dengan enam diantaranya merupakan lagu-lagu jazz standards.

Lagu-lagu tersebut adalah "It Could Happen To You", "You Don’t Know What Love Is", "What Are You Doing The Rest Of Your Life", "But Beautiful", "Someone To Watch Over Me", dan "The Nearness Of You".

Album ini tersedia di gerai musik digital seperti iTunes, Apple Music, Spotify, YouTube Music, dan Joox.

Baca juga: Tantangan "konser online" bagi Dewa Budjana dan Indra Lesmana

Baca juga: Indra Lesmana hingga Mocca, musisi jazz Indonesia yang mendunia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020