PMI Kota Magelang wujudkan kepedulian lewat pembagian sayuran

PMI Kota Magelang wujudkan kepedulian lewat pembagian sayuran

Petugas PMI Kota Magelang membagikan paket sayuran gratis kepada warga, Minggu (20/9/2020). ANTARA/HO-PMI Kota Magelang

pembagian sayuran kepada warga dengan sistem kupon, setiap kelurahan mendapatkan jatah pembagian 200 paket sayuran.
Magelang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah mewujudkan kepedulian di tengah pandemi COVID-19 melalui pembagian paket sayuran secara gratis kepada warga di beberapa tempat, Minggu.

"Untuk lanjutan kegiatan kepedulian ini, pembagian sayuran hari ini (Minggu,20/9) ada 400 paket di dua kelurahan yakni Magersari dan Rejowinangun Utara," kata Agus Sujito Pengurus Bidang Organisasi PMI Kota Magelang dalam keterangan tertulis di Magelang, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan tersebut terkait dengan rangkaian peringatan HUT Ke-75 PMI tingkat Kota Magelang yang jatuh setiap 17 September.

Setiap paket sayuran berisi antara lain buncis, wortel, loncang, jipang, seledri, sawi putih, kol, dan terung, serta tempe.
Baca juga: Sejak pandemi COVID-19, PMI Kota Magelang kekurangan stok darah

Sebelumnya, PMI Kota Magelang berkoordinasi dengan pihak kelurahan terkait dengan pembagian sayuran kepada warga dengan sistem kupon tersebut. Setiap kelurahan mendapatkan jatah pembagian 200 paket sayuran.

Pembagian sayuran oleh petugas PMI setempat dengan menerapkan protokol kesehatan, antara lain pemakaian masker dan menghindari kerumuman warga.

Warga yang hendak mengambil paket sayuran juga wajib menjalani pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan menggunakan cairan pembersih tangan, dan melakukan jaga jarak untuk mencegah penularan virus corona jenis baru itu.

"Dengan membawa kupon yang telah dibagikan sebelumnya," ujar Agus Sujito yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang itu.
Baca juga: Pelayanan diharapkan meningkat usai renovasi gedung PMI Magelang

Kegiatan serupa dilakukan awal Agustus lalu di halaman Markas PMI Kota Magelang di Jalan Pahlawan, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara.

Ia menjelaskan sayuran tersebut dibeli dari para petani hortikultura di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, sedangkan anggaran untuk pengadaan sayuran, antara lain berasal dari para donatur.

Melalui cara itu, pihaknya juga berharap bisa membantu para petani setempat yang saat ini sedang menghadapi penurunan harga panenan.

Terkait dengan peringatan HUT Ke-75 PMI, pihak PMI Kota Magelang juga melakukan pelayanan donor darah dan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat, termasuk alun-alun dan Taman Badaan Kota Magelang.
Baca juga: GKJ Plengkung donor darah perkuat ketersediaan selama Ramadhan

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar