banyak masyarakat yang membuang sampah langsung ke sungai
Medan (ANTARA) - Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (Amphibi) melakukan aksi pembersihan sampah di sepanjang Bantaran Sungai Deli yang berada di Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan.

Ketua Amphibi Sumut M. Nur di Medan, Minggu, mengatakan, aksi bersih bantaran Sungai Deli tersebut digelar dalam rangka memperingati memperingati Hari Bersih-bersih Sedunia atau World Clean Up Day.

"Aksi bersih tersebut juga melibatkan Amphibi Deli Serdang, Amphibi Sungai Deli, Pemuda Pancasila, dan Team Bela Negara," katanya.

Ia mengatakan, aksi bersih bantaran Sungai Deli tersebut dilakukan bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya kebersihan dalam kehidupan sehari hari.

Baca juga: 1,9 ton sampah dikumpulkan saat hari kebersihan dunia di Aceh Barat
Baca juga: Gerakan Ciliwung Bersih inisiasi energi dari limbah sungai

Menurut dia, kegiatan itu juga sekaligus mensosialisasikan serta mengajak masyarakat bantaran Sungai Deli untuk bersama sama menjaga sungai dari pencemaran sampah dan limbah.

"Kami merasa prihatin ternyata masih banyak masyarakat yang membuang sampah langsung ke sungai. Jika sampah masuk ke sungai maka akan mengalir ke laut dan itu sangat membahayakan," katanya.

Untuk itu pihaknya melakukan upaya advokasi kepada warga untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sampah sampah yang dibersihkan tersebut dipilah. Sampah organik ditumpukkan menjadi satu dan sampah plastik dibawa ke TPS.

"Ke depannya kami akan terus berupaya membersihkan sungai dan akan membuat program penanaman mangrove di seputaran pantai. Untuk waktu dan tempat masih dibicarakan," katanya.

Baca juga: Bekasi ajak ribuan warga ikut aksi pungut sampah dunia
Baca juga: Hari Air Internasional diperingati AMPHIBI Sumut dengan tanam pohon

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020