Medan (ANTARA) - Kapendam I Bukit Barisan Kolonel Inf Zeni Djunaidhi mengatakan menjelang H-3 pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 TA 2020, Satgas TMMD di enam Kodim dirikan Posko Kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Antisipasi itu dilakukan dengan cara pengadaan Posko Kesehatan dan fasilitas pendukung untuk pelaksanaan penerapan disiplin Protokol Kesehatan pencegahan COVID-19," ujar Junaidhi, dalam rilisnya diterima di Medan, Ahad.

Ia menjelaskan pengadaan Posko Kesehatan di masing-masing lokasi TMMD menjadi sangat penting, mengingat wabah COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini.

"Jadi pengadaan Posko Kesehatan itu untuk menjaga faktor keamanan dan kesehatan seluruh anggota Satgas dan masyarakat selama berlangsungnya kegiatan TMMD," ujarnya.

Baca juga: TMMD wujudkan masyarakat produktif-aman dari COVID-19

Baca juga: TMMD ke-108 di Gianyar rampungkan 45 persen kegiatan fisik-nonfisik


Di samping Posko Kesehatan, penerapan disiplin Protokol Kesehatan juga dipastikan akan tetap berjalan sebagaimana mana mestinya di dalam setiap tahap penyelenggaraan TMMD ke-109 ini, sehingga anggota Satgas dan masyarakat aman serta terhindar dari wabah COVID-19.

Sesuai instruksi dari Pangdam I/BB bahwa dalam pelaksanaan TMMD ke-109 ini, para Dansatgas harus melakukan pengaturan jumlah pekerja secara bergiliran yang tujuannya untuk memudahkan penerapan pembatasan fisik di tempat kerja.

Kemudian para Dansatgas juga diminta untuk memastikan tidak berkumpulnya orang-orang dalam jumlah banyak guna mengantisipasi terjadinya transmisi lokal penularan Virus Corona di lokasi kegiatan TMMD.

"Hal lain yang juga tidak kalah penting yang menjadi perhatian para Dansatgas adalah melakukan sosialisasi penerapan disiplin Protokol Kesehatan kepada warga masyarakat yang ada di lokasi TMMD," katanya.*

Baca juga: Danrem minta SatgasTMMD sosialisasikan pencegahan virus corona

Baca juga: Satgas TMMD Bukit Barisan ajak warga melawan wabah COVID-19

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020