Bawaslu bantu pulihkan Panwascam Dolo Selatan-Sigi pascabanjir bandang

Bawaslu bantu pulihkan Panwascam Dolo Selatan-Sigi pascabanjir bandang

Komisioner Bawaslu RI Divisi Hukum, Humas dan Datin, Fritz Edwar Siregar, didampingi Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husen menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada Ketua Panwascam Dolo Selatan, Ismail, saat meninjau Sekretariat Panwascam Dolo Selatan yang terdampak banjir bandang di Desa Rogo, Minggu (20/9/2020). ANTARA/Muhammad Hajiji/am.

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia bersama Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, membantu pemulihan Panwascam Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, setelah bencana banjir bandang pada Senin malam (14/9).

"Dalam proses pemulihan, kami akan mencoba memberikan fasilitas yang bisa kami bantu, dalam rangka mendukung percepatan pemulihan Panwascam Dolo Selatan, Kabupaten Sigi," ucap Komisioner Bawaslu RI Divisi Hukum, Humas dan Datin, Fritz Edwar Siregar, di Sigi, Ahad.

Bawaslu RI melalui Fritz Edwar Siregar didampingi Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husen dan beberapa komisioner Bawaslu Sulteng meninjau langsung Sekretariat Panwascam Dolo Selatan yang dilanda banjir bandang.

Dalam peninjauan itu, Fritz Edwar Siregar menyerahkan bantuan langsung kepada Ketua Panwascam Dolo Selatan, Ismail beserta jajarannya.

Baca juga: ACT Sulteng salurkan logistik untuk penyintas banjir Sigi

Baca juga: Korban terdampak banjir di Sigi butuh air bersih
Komisioner Bawaslu RI Divisi Hukum, Humas dan Datin, Fritz Edwar Siregar, didampingi Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husen meninjau Sekretariat Panwascam Dolo Selatan yang terdampak banjir bandang di Desa Rogo, Minggu (20/9/2020). ANTARA/Muhammad Hajiji/am.

Sekretariat Panwascam Dolo Selatan menjadi salah satu yang terparah akibat banjir bandang melanda Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan pada Senin malam (14/9).

Bangunan sekretariat rumah, diterjang lumpur beserta material lainnya. Ketua Panwascam Dolo Selatan, Ismail mengatakan saat bencana itu terjadi, tidak ada satu-pun berkas administrasi yang bisa diselamatkan.

"Berkas administrasi, data-data pengawasan semua lenyap diterjang banjir bandang," ujar Ismail.

Tidak hanya itu, kata Ismail, tiga orang pengawas tingkat desa turut jadi korban banjir bandang tersebut. Saat ini, Sekretariat Panwascam dipindahkan ke desa lain.

Terkait dengan itu, Fritz Edwar Siregar mengemukakan Bawaslu akan membantu mengganti fasilitas yang rusak dengan yang baru dalam rangka menunjang kerja-kerja pengawasan di pilkada tahun 2020 ini.

Terkait dengan data-data yang hilang karena bencana itu, ujar dia, akan dibantu oleh Bawaslu di tingkat kabupaten, karena sebagian besar data-data pengawasan, temuan dan data-data terkait tahapan pilkada, telah disampaikan sebelumnya kepada Bawaslu Kabupaten.*

Baca juga: Pemprov Sulteng salurkan bantuan logistik korban banjir di Sigi

Baca juga: BPBD Sigi imbau warga tetap siaga banjir dan longsor

 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Akibat banjir, jembatan penghubung di Sigi putus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar