Liga Inggris

Brighton cukur Newcastle tiga gol tanpa balas

Brighton cukur Newcastle tiga gol tanpa balas

Penyerang Brighton & Hove Albion Neal Maupay (kiri) merayakan gol pertamanya ke gawang Newcastle United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Newcastle, Inggris, Minggu (20/9/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Lindsey Parnaby)

Jakarta (ANTARA) - Brighton & Hove Albion mencukur tuan rumah Newcastle United tiga gol tanpa balas dalam laga pekan kedua Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Minggu.

Neal Maupay mencetak dua dari tiga gol kemenangan tersebut sebelum Aaron Connolly turut melengkapinya tujuh menit jelang bubaran, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan pertama Brighton musim ini tersebut membuat mereka melompat ke urutan kedelapan klasemen sementara dengan raihan tiga poin, termasuk melewati Newcastle (3) yang turun ke peringkat 11.

Baca juga: Lallana diharapkan bisa turun bela Brighton jamu Newcastle

Baru tiga menit pertandingan berjalan, Tariq Lamptey merangsek ke dalam kotak penalti dan dijatuhkan oleh Allan Saint-Maximin sehingga wasit Kevin Friend segera menunjuk titik putih, yang kemudian dikonfirmasi oleh VAR.

Maupay mengeksekusi penalti itu dengan tembakan keras yang tidak mampu diantisipasi kiper Karl Darlow demi membuka keunggulan Brighton.

Tiga menit kemudian, Maupay menjebol gawang Newcastle lagi menyelesaikan umpan Leandro Trossard. Friend sempat berkonsultasi dengan VAR sebelum mengesahkan gol yang membuat Brighton unggul 2-0 atas Newcastle itu.

VAR kembali dilibatkan atas insiden di dalam kotak penalti Brighton pada menit ke-10, tetapi tidak ada hadiah tendangan 12 pas bagi tuan rumah.

Selanjutnya pertandingan minim peluang hingga babak pertama berakhir tanpa tambahan gol, terlebih Newcastle harus kehilangan Saint-Maximin sejak menit ke-33 karena cedera.

Baca juga: Newcastle bidik samai torehan 23 tahun silam

Di paruh kedua Newcastle berusaha bangkit, tetapi baru bisa menciptakan peluang bagus pada menit ke-63 melalui umpan silang Miguel Almiron sayang tandukan Callum Wilson masih terlalu tinggi di atas gawang.

Brighton justru hampir menambah keunggulan jika dua peluang mereka lewat Connolly dan Trossard ditolak oleh tiang gawang.

Pada menit ke-83, Connolly akhirnya membunuh pertandingan itu bagi Newcastle setelah mencetak gol ketiga Brighton lewat sepakan melengkung yang bersarang ke area tiang jauh.

Tiga menit kemudian, gelandang Yves Bissouma mengangkat kakinya terlalu tinggi hingga sepatunya mengenai wajah bek Newcastle Jamal Lewis. Friend awalnya memberi kartu kuning, tetapi setelah berkonsultasi dengan VAR ia menaikkan hukuman Bissouma jadi kartu merah.

Kendati kondisi timpang waktu terlalu singkat bagi Newcastle untuk menciptakan keajaiban dan harapan mereka mengulangi torehan 23 silam memenangi dua pertandingan awal musim Liga Premier runtuh sudah.

Brighton selanjutnya akan bertandang ke markas Preston North End untuk putaran ketiga Piala Liga Inggris pada Rabu (23/9), sebelum menjamu Manchester United di Stadion Amex untuk pekan ketiga Liga Inggris tiga hari kemudian.

Sedangkan Newcastle juga main di putaran ketiga Piala Liga melawan Morecambe pada Rabu (23/9), sebelum melawat ke markas Tottenham Hotspur empat hari berselang untuk laga pekan ketiga Liga Inggris.

Baca juga: Thiago berpeluang debut untuk Liverpool kontra Chelsea
Baca juga: Kombinasi jitu Son-Kane bantu Tottenham hajar Southampton 5-2


Susunan pemain:

Newcastle United (4-4-2): Karl Darlow; Javi Manquillo, Jamaal Lascelles, Federico Fernandez, Jamal Lewis; Jeff Hendrick, Jonjo Shelvey (Joelinton), Isaac Hayden, Allan Saint-Maximin (Ryan Fraser); Andy Carrol (Miguel Almiron), Callum Wilson
Pelatih: Steve Bruce

Brighton & Hove Albion (3-4-1-2): Mathew Ryan; Ben White, Lewis Dunk, Adam Webster; Tariq Lamptey (Daniel Burn), Yves Bissouma, Steven Alzate, Solomon March (Adam Lallana); Leandro Trossard; Neal Maupay, Aaron Connolly (Alireza Jahanbakhsh)
Pelatih: Graham Potter

Baca juga: Leicester pinjam Cengiz Under dari Roma
Baca juga: Everton puncaki klasemen menjelang "big match" Chelsea vs Liverpool

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar