Kemendikbud gelar webinar BOP untuk percepat penyaluran dana BOP

Kemendikbud gelar webinar BOP untuk percepat penyaluran dana BOP

Webinar dengan materi kebijakan penggunaan dana BOP adaptasi masa Pandemi COVID-19 dan persiapan penyaluran dana BOP Tahap II Tahun 2020. ANTARA/HO-Humas Kemendikbud/pri.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah akan menyelenggarakan seri webinar dengan materi kebijakan penggunaan dana BOP adaptasi masa pandemi COVID-19 dan persiapan penyaluran dana BOP tahap II 2020.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Jumeri di Jakarta, Senin, mengatakan peran pemerintah daerah menjadi ujung tombak dalam kecepatan penyaluran dan pelaksanaan BOP di satuan pendidikan.

Baca juga: Nadiem tegaskan penyederhanaan kurikulum belum dilakukan hingga 2022

"Semakin cepat salur, semakin cepat pula satuan pendidikan memanfaatkan dana BOP," tambah dia.

Berbeda dengan BOS, Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) disalurkan dari Kas Umum Negara (KUN) ke Kas Umum Daerah (KUD) Kabupaten/Kota dan selanjutnya ke satuan pendidikan.

Baca juga: Komisi X DPR : Sejarah harus tetap jadi mata pelajaran wajib

Penyaluran BOP dilakukan dalam dua tahap dan saat ini akan menghadapi penyaluran tahap dua. Berbagai langkah percepatan telah dilakukan termasuk dengan mengadakan webinar itu.

Webinar itu sangat perlu dilakukan karena melihat perkembangan pengiriman data satuan PAUD, satuan pendidikan PKBM, dan SKB menunjukkan progres yang lambat.

Baca juga: Kemendikbud siapkan lulusan SMK bekerja di Jepang

Selain itu, masih terdapat 169 kabupaten/kota yang belum memberikan pelaporan penyaluran pada tahap satu yang menjadi syarat penyaluran pada tahap dua.

Dikarenakan hal itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dipandang perlu mengadakan webinar untuk memacu sekolah segera input data dan Pemda untuk segera melakukan pelaporan.

Materi pada webinar itu cukup menarik, ada sesi diskusi khusus untuk menjawab permasalahan-permasalahan di lapangan seperti bagaimana sinkron Dapodiknya, bagaimana strategi penyaluran agar cepat, aman dan akuntabel, serta bagaimana strategi penggunaan dana BOS agar tetap optimal di masa pandemi COVID-19 dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya, antara lain Tim Dapodik PAUDDasmen, Tim BOP PAUD dan Tim BOP Pendidikan .

Jumeri berharap dengan webinar itu mampu mendongkrak sekolah untuk melakukan input data Dapodik yang termutakhir dan mampu memacu Pemda untuk segera melaporkan penyaluran tahap sebelumnya, sehingga penyaluran BOP tahap II 2020 ini dapat berjalan optimal dan tidak mengalami keterlambatan.

Webinar itu akan diselenggarakan pada Selasa (22/9) dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Ditjen PAUD Dikdasmen. 

Pewarta: Indriani
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Nadiem nyatakan terharu dengan dedikasi para guru di masa pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar