Jakarta (ANTARA) - Musikus Sigit Purnomo Said atau yang akrab disapa Pasha Ungu, akhirnya merilis album solo perdananya bertajuk "Di Atas Langit" dengan lagu judul "Sumpah Demi Apa", setelah 20 tahun berkarya di jagad musik Tanah Air.

Menurut Pasha, album ini menjadi pencapaian tersendiri baginya, setelah hidup di dua dunia sekaligus, yakni sebagai musikus maupun politikus. "Di Atas Langit" ia gambarkan sebagai tempat tersendirinya, serta langkah pijakan selanjutnya.

"Judul 'Di Atas Langit', jika dari aspek perjalanan musik selama 20 tahun, Pasha sudah melewati banyak proses, baik sebagai vokalis maupun politikus," kata Pasha melalui konferensi pers virtual, Senin.

Baca juga: Pasha Ungu sajikan lagu religi di "Jakarta Muharram Festival"

Baca juga: Enda dan Oncy Ungu rilis lagu baru


Selain itu, Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah itu mengatakan, album dan lagu judul "Sumpah Demi Apa" juga menjadi bentuk pendewasaan dirinya melalui karir solo.

"Saya ingin teman-teman pendengar musik Pasha di album solo ini yang bisa memberikan penilaian. Saya butuh masukan, bahkan kritik dari pendengar album solo Pasha. Kira-kira, letak perbedaan Pasha di UNGU atau Pasha sebagai solois ini seperti apa," kata dia.

Meski demikian, Pasha mengungkapkan bahwa keempat personel Ungu lainnya sudah mengetahui proyek terbarunya ini, dan mendukung aksi solo Pasha di dunia musik.

"Di proyek album ini, gue bikin tiga dari delapan lagu, dan enggak ada intervensi apapun dari Ungu," jelas Pasha.

Melalui kesempatan yang sama, gitaris Ungu, Enda, mengonfirmasi bahwa benar Ungu tidak terlibat di proses kreatif dan teknis proyek solo Pasha.

"Kita sudah lama bareng-bareng, dan sudah tahu kualitas yang kita bikin. Dan dia enggak melibatkan kita, dan gue pikir originalitasnya bakal kedengeran di proyeknya," kata Enda.

Lebih lanjut, Pasha mengungkapkan dirinya sudah menyiapkan lagu-lagu terbarunya sejak lama. Bersama musikus dari Palu, Sulawesi Tengah, Veki Fischer, ia merampungkan album ini pada sekitar Februari atau Maret 2020.

Album "Di Atas Langit" sudah dirilis di layanan musik digital sejak 18 September 2020, bersama dengan album fisiknya yang dapat dipesan secara daring. Sementara, video klip dari lagu judul "Sumpah Demi Apa" juga tersedia di YouTube.

Baca juga: Penjelasan Pasha Ungu soal rambut pirang

Baca juga: #dirumahaja, Ungu tak bisa promo lagu baru

Baca juga: Jelang Ramadan, Ungu rilis lagu "Jalan Panjangku"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020