Piala Dunia Sepak Bola U20

Kementerian PUPR hanya tangani renovasi dua stadion Piala Dunia U-20

Kementerian PUPR hanya tangani renovasi dua stadion Piala Dunia U-20

Warga berolahraga di kawasan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (1/9/2020). Komplek Stadion Manahan kembali dibuka untuk aktifitas warga berolahraga setelah sebelumnya ditutup selama lima bulan akibat COVID-19. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/pras.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hanya akan menangani renovasi untuk dua dari enam stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Direktur Prasarana Strategis PUPR Iwan Suprijanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin mengatakan kedua stadion yang bakal direnovasi yakni Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dan Stadion Manahan di Solo.

“Kalau kami dari sisi stadion hanya dua stadion yang ditangani, yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar dan peningkatan (fasilitas) untuk Stadion Manahan,” katanya.

Keputusan renovasi tersebut merupakan tindak lanjut dari telah terbitnya Keputusan Presiden RI No 19 Tahun 2020 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup tahun 2021 dan Instruksi Presiden RI No 8 tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021 pada 15 September 2020.

Baca juga: Sumsel anggarkan Rp30 Miliar untuk persiapan Piala Dunia U-20
Baca juga: Pemkot Surakarta renovasi bertahap lapangan pendukung Piala Dunia


Menurut Iwan, renovasi yang akan dilakukan di Stadion I Wayan Dipta termasuk perbaikan mayor, di antaranya pekerjaan rehabilitasi struktur, penyesuaian ruang ganti pemain, perbaikan toilet, kursi, dan sistem pencahayaan stadion.

Sementara untuk Stadion Manahan di Solo hanya dibutuhkan renovasi minor, seperti perbaikan sistem pencahayaan stadion dan kursi penonton agar sesuai dengan syarat standar minimum FIFA.

Syarat penerangan stadion pertandingan harus menggunakan lampu LED berkekuatan tinggi yang menggunakan sistem penerangan field of play (FOP) 2.500 lux, sedangkan untuk lapangan latihan dibutuhkan 800 lux.

Selain dua stadion utama, Kementerian PUPR juga akan menangani beberapa lapangan pendukung, antara lain empat lapangan latihan di Bali dan Solo, tiga lapangan di Bandung dan Palembang, serta satu lapangan latihan di Bangkalan, Surabaya.

Sementara empat stadion utama lainnya akan menjadi tanggung jawab masing-masing pemerintah daerah. Empat stadion tersebut, yaitu Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Baca juga: Menpora puji perbaikan Stadion GBT sambut Piala Dunia U-20
Baca juga: Anggaran pembenahan Stadion GBT untuk Piala Dunia U-20 siap ditambah
Baca juga: Stadion Si Jalak Harupat siap digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar