LKBN Antara perkenalkan Eikon Datastream kepada konsorsium OPTBank

LKBN Antara perkenalkan Eikon Datastream kepada konsorsium OPTBank

Pelatihan Eikon Datastream

Jakarta (Antara) -- Perum LKBN Antara (ANTARA) ditunjuk untuk memfasilitasi acara pelatihan database Eikon Datastream, diselenggarakan oleh Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Fintech dan Banking, Universitas Sebelas Maret (UNS Fintech Center) secara virtual, Senin. Pada pelatihan kali ini ANTARA menggandeng Refinitiv Indonesia selaku prinsipal untuk Eikon Datastream sebagai instruktur pelatihan.

GM Layanan Data dan Penjualan ANTARA Inderahadi Kartakusumah mengatakan, Eikon Datastream merupakan platform yang ideal untuk mendukung UNS Fintech Center dalam melaksanakan program OPTBANK (Optimizing Research and Doctoral Program in Banking and Finance in Indonesian Universities), sebuah program hibah dari European Commission dalam kerangka Capacity Building for Higher Education Erasmus+ untuk memperkuat riset dalam bidang perbankan dan keuangan di perguruan tinggi di Indonesia.

"Selaras dengan tujuan program ini, Eikon Datastream akan membantu meningkatkan kemampuan analitik dan riset di bidang keuangan," ujarnya.

Lewat program OPTBANK, enam universitas di Indonesia yaitu Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Universitas Tanjungpura dan Universitas Sriwijaya berkolaborasi dengan empat universitas di Eropa, yakni Universite de Limoges Perancis, Bangor University UK, University of Rome III Italia dan Technical University Crete Yunani.

Inderahadi melanjutkan, Eikon Datastream menawarkan beragam fitur untuk membantu pengambilan keputusan di bidang perbankan dan keuangan, diantaranya adalah data analitik yang memungkinkan eksplorasi hubungan antara data-series secara terperinci dan mampu memperoleh laporan kinerja semua perusahaan publik hingga 20 tahun ke belakang.

"Terlebih, terdapat konten khusus Negara Indonesia serta indikator ekonomi untuk masing-masing provinsi dan kota," paparnya.

Sementara itu, Sekretaris UNS Fintech Center Tastaftiyan Risfandy Ph.D menyampaikan apresiasinya atas ilmu dan wawasan yang dibagi oleh ANTARA sehingga dapat meningkatkan kemampuan analisis pihaknya.

"Membantu kami dalam melakukan analisa pasar dan komoditas di Indonesia, yang tentu insight ini akan sangat berharga," tutupnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar