Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota Surabaya menargetkan pembangunan tiga lapangan latihan yang berada di sisi utara Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) selesai pada Desember atau beberapa bulan sebelum pelaksanaan Piala Dunia U-20 pada tahun 2021.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya Iman Kristian di Surabaya, Selasa, memastikan pembangunan tiga lapangan latihan itu sudah mulai dikerjakan oleh pihak ketiga selaku pemenang lelang.

"Jadi, beberapa waktu lalu sudah ada pemenang lelangnya dan saat itu pula langsung dimulai pengerjaannya. Pekerjaannya itu dimulai dari pengurugan tanah, pengukuran dan disesuaikan elevasinya," kata Iman.

Baca juga: Menpora puji perbaikan Stadion GBT sambut Piala Dunia U-20

Menurut dia, anggaran pembangunan tiga lapangan itu dilakukan oleh dua dinas sekaligus, yaitu Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dan DPRKP-CKTR. Anggaran yang dikeluarkan oleh Dispora akan mengcover pembangunan lapangan, pembangunan drainase, penyiraman dan penanaman rumput.

Sedangkan anggaran yang dikeluarkan oleh DPRKP-CKTR akan mengcover pembangunan tribun penonton, ruang ganti, kamar mandi, pemasangan tiang lampu dan lampu lapangan yang nantinya 1.500 lux.

"Nah, anggaran yang dikeluarkan oleh Dispora sekitar Rp25 miliar dan DPRKP-CKTR juga sekitar Rp25 miliar," katanya.

Baca juga: Menpora: bukan tak mungkin Surabaya lokasi pembukaan Piala Dunia U-20

Ia menjelaskan bahwa pembangunan ini akan terus dikebut supaya semuanya bisa selesai sesuai target. Ia juga menyebut target pembangunan tiga lapangan latihan itu sekitar Desember mendatang.

"Karena pekerjaannya ini paralel, maka kami yakin Desember sudah bisa selesai," katanya.

Selain itu, Iman juga menjelaskan bahwa Pemkot Surabaya juga menyiapkan dua lapangan latihan lainnya, yaitu di Stadion 10 November dan lapangan Thor. Khusus untuk Stadion 10 November, posisinya saat ini sudah selesai semua renovasinya, tinggal menunggu pertumbuhan rumput lapangan.

"Sedangkan kalau lapangan Thor, sesuai arahan dari PSSI hanya tinggal mengganti rumput lapangan, dan saat ini masih kita diskusikan anggarannya. Kami yakin semuanya bisa selesai Desember 2020 mendatang," katanya.

Baca juga: Kementerian PUPR koordinasi dengan pemda terkait Piala Dunia U-20
Baca juga: Renovasi stadion Piala Dunia U-20 butuh Rp400 miliar
Baca juga: Kementerian PUPR hanya tangani renovasi dua stadion Piala Dunia U-20

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020