Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat memberikan sterilisasi dan vaksinasi gratis untuk Hewan Penular Rabies (HPR) yang merupakan peliharaan warga.

"Khusus hari ini saja kami sudah memvaksin sebanyak 90 ekor HPR. Lalu untuk sterilisasi kami kerjasama dengan klinik-klinik hewan, sudah ada sebanyak 30 ekor kucing jantan dan 5 ekor kucing betina yang akan disteril," ujar (Plt) Kepala Sudin KPKP Suharini Eliawaty saat dihubungi, Rabu.

Ada tiga klinik di Jakarta Pusat yang berkolaborasi dalam vaksinasi dan sterilisasi dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia, yaitu Jakarta Vet Cideng milik drh Gunawan, Glourius Pet dan Pet+Vet milik drh Eka di Karet Tengsin, Tanah Abang.

Kegiatan serupa juga dilakukan di empat wilayah kota lainnya, yaitu di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Baca juga: Peringati Hari Rabies Sedunia, Sudin KPKP Jakpus bagi vaksin gratis
Baca juga: Sudin KPKP Jakpus telah vaksinasi 1.968 hewan untuk hindari rabies


Khusus di wilayah Jakarta Pusat, wanita yang akrab dipanggil Elly itu mengatakan akan ada acara puncak bertepatan dengan penyelenggaraan Hari Rabies Sedunia pada Senin (28/9) dengan vaksinasi "drive thru" di Gedung Dinas KPKP DKI Jakarta yang terletak di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

"Nanti di tanggal 28 kita akan ada vaksinasi dan pemeriksaan 'drive thru'. Kita mau mengikuti protokol kesehatan tidak menciptakan kerumunan. Jadi nanti warga Jakarta boleh untuk datang menggunakan kendaraannya dan hewannya kita cek langsung dengan metode 'drive thru' itu," ujar Elly.

Di Jakarta Pusat hingga Rabu sebanyak 2.516 ekor hewan telah diberikan vaksin rabies untuk mencegah penyebaran virus rabies. Yaitu 783 anjing, 1.708 kucing, 9 kera dan 6 musang.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020