Jakarta (ANTARA) - Dynamo Kiev dan Olympiakos menggenggam keunggulan di fase playoff Liga Champions setelah memenangi pertandingan leg pertama masing-masing pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Dynamo yang bertandang ke Ghelamco Arena, Belgia, berhasil menang 2-1 atas KAA Gent yang dipaksa menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain, demikian catatan laman resmi UEFA.

Vladyslav Supryaha membawa Dynamo unggul lewat sepakan jarak dekat yang sempat ditinjau VAR sebelum disahkan oleh wasit Ovidiu Hategan.

Baca juga: Salzburg dan Krasnodar raih kemenangan pada playoff Liga Champions

Tuan rumah menyamakan kedudukan empat menit jelang turun minum ketika Tim Kleindienst menanduk bola menyelesaikan situasi sepak pojok.

Petaka bagi Gent terjadi delapan menit memasuki babak kedua ketika Roman Bezus menerima kartu kuning kedua, membuat situasi jadi timpang 10 vs 11.

Kendati demikian, Dynamo harus susah payah untuk memastikan kemenangan lewat Carlos de Pena yang menyambar bola muntah hasil tembakan Viktor Tsygankov pada menit ke-79.

Kemenangan itu jadi modal bagus bagi Dynamo yang akan menjadi tuan rumah untuk leg kedua di Ukraina pada Rabu (29/9) waktu setempat (Kamis WIB).

Baca juga: Benfica disingkirkan PAOK dalam kualifikasi Liga Champions

Di Stadion Georgios Karaiskakis, tuan rumah Olympiakos berhasil menang 2-0 atas tamunya Omonia Nicosia.

Mathieu Valbuena memecahkan kebuntuan lewat eksekusi penalti pada menit ke-69, sebelum kemenangan Olympiakos dilengkapi Youssef El-Arabi pada injury time babak kedua.

Olympiakos membawa modal selisih dua gol ketika bertandang ke Siprus menantang Omonia di leg kedua.

Baca juga: Tiga juru taktik Jerman bersaing dalam nominasi Pelatih Terbaik UEFA

Sementara itu satu pertandingan leg pertama playoff lainnya yang berlangsung di Stadion Aker, Norwegia, Molde dan Ferencvaros terlibat dalam hujan enam gol ketika bermain imbang 3-3.

Ferencvaros sempat unggul dua gol lewat Franck Boli dan Myrto Uzuni, tetapi Molde membalikkan keadaam melalui Leke James, Magnus Eikrem dan Martin Ellingsen.

Tiga menit jelang bubaran Ferencvaros memaksakan skor imbang lewat eksekusi penalti Ihor Kharatin.

Ferencvaros akan bergantian jadi tuan rumah untuk leg kedua yang dijadwalkan berlangsung di Groupama Arena, Budapest, Hongaria, pekan depan.

Baca juga: Duo Bayern apit De Bruyne dalam nominasi Pemain Terbaik UEFA

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020