Jakarta (ANTARA) - Atletico Madrid telah resmi mendapatkan Luis Suarez dari Barcelona, menurut pengumuman dari kedua klub Spanyol itu yang dikutip Reuters pada Kamis (24/9).

Transfer tersebut mengakhiri musim kebersamaan penyerang asal Uruguay itu bersama Barcelona sejak didatangkan pada 2014 dari Liverpool.

Barca mengatakan bahwa Atletico akan membayar enam juta euro (sekitar Rp103 miliar) untuk merekrut pemain berusia 33 tahun itu.

Pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang masa Barca tersebut, memiliki sisa satu tahun tahun lagi bersama klub Katalunya itu.

Suarez akan menggantikan Alvaro Morata di lini depan Atletico setelah penyerang Spanyol itu dipinjamkan ke Juventus selama satu musim dengan opsi dipermanenkan.

Suarez meninggalkan Barcelona setelah mempersembahkan Liga Champions, empat gelar La Liga, dan empat trofi Copa del Rey. Ia mencetak 198 gol untuk klub di semua kompetisi.

Pemain berjuluk El Pistolero itu dinilai tidak masuk dalam rencana pelatih baru Barcelona Ronald Koeman, yang ingin meremajakan dan membangun kembali skuat.

Sebelumnya, gelandang berusia 33 tahun Arturo Vidal juga menyelesaikan transfer ke Inter Milan.

Suarez menjadi striker ketiga dalam beberapa tahun terakhir yang beralih di antara dua klub La Liga itu setelah David Villa dijual ke Atletico pada 2013, sedangkan Antoine Griezmann pindah ke Barca tahun lalu.

Sebelumnya, Suarez juga telah dikaitkan dengan tim Serie A Juventus dan mengikuti ujian Italia dalam upaya untuk mendapatkan paspor UE agar memenuhi syarat untuk bermain sebagai pemain Eropa karena slot pemain non-UE Juve sudah terisi.

Namun, jaksa penuntut Italia mengatakan pada Selasa bahwa mereka menyelidiki hasil ujian bahasa yang diambil oleh Suarez karena dicurigai berbuat curang.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020