Padang sediakan internet gratis berbasis masjid untuk belajar daring

Padang sediakan internet gratis berbasis masjid untuk belajar daring

Wali Kota Padang Mahyeldi pada peluncuran Free Net di Masjid Darul Huda Nanggalo di Padang, Kamis. (ANTARA/Ikhwan Wahyudi)

Free Net semuanya dibiayai Pemkot
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang menyediakan internet gratis berbasis masjid yang sebagai fasilitas belajar daring bagi pelajar diberi nama program Freenet.

"Kendati pandemi proses belajar tidak boleh berhenti, untuk itu Pemkot Padang menyediakan internet gratis di 11 masjid pada 11 kecamatan yang dapat digunakan siswa untuk belajar daring," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu pada peluncuran Freenet di Masjid Darul Huda Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo Padang.

Menurut dia pihaknya juga menyediakan internet gratis di kantor pemerintahan termasuk kantor camat dan lurah.

Kemudian ada Gebu Net yang merupakan gerakan menabung Rp1.000 per hari dari warga masyarakat untuk membiayai penyediaan akses internet.

"Untuk program Gebu Net Pemkot Padang membiayai akses pemasangan pertama dan biaya bulanan dari iuran warga tersebut, kalau Free Net semuanya dibiayai Pemkot," ujarnya.

Baca juga: Pelajar pedalaman Papua tidak menikmat internet gratis

Baca juga: Siswa Kelurahan Karet Kuningan dapat akses internet gratis setahun

Baca juga: Kemendikbud minta sekolah segera tuntaskan pendataan nomor HP siswa


Ia berharap bagaimana pun kondisinya pendidikan tidak boleh terganggu dan anak-anak harus tetap belajar.

"Semoga dengan program ini bagi orang tua yang selama ini kesulitan menyediakan akses internet bagi anaknya dapat teratasi, " ujarnya.

Kepada guru ia berpesan untuk tetap memberikan bimbingan kepada siswa dan Dinas Pendidikan dapat menjadikan program Free Net dan Gebu Net sebagai acuan dalam proses pembelajaran daring.

Pada sisi lain ia juga berpesan kepada pengelola internet di masjid dan perkantoran agar dapat mengontrol pemakaian.

"Di satu sisi ini kemudahan, pada sisi lain ini tantangan agar akses internet dapat digunakan untuk hal yang sifatnya positif," kata dia.

Kemudian pastikan anak-anak saat belajar daring tetap mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak dan pakai masker, katanya lagi.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Padang Rudy Rinaldy menyampaikan total titik jaringan internet yang disediakan Pemkot Padang hingga saat ini sudah mencapai 125 titik.

Pada tahun ini ditargetkan semua kelurahan sudah tersedia akses internet gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat, lanjut dia.

Khusus di Kelurahan Sungai Pisang, Bungus Teluk Kabung juga dipasang internet gratis di dua sekolah yaitu SD 13 dan SMP 37 yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar setempat untuk menunjang proses pembelajaran.

Pandemi COVID-19 membuat hampir semua kegiatan dialihkan secara virtual. Akibatnya, pengguna serta akses internet meningkat dari biasanya.

Baca juga: Kemendikbud terbitkan petunjuk teknis bantuan kuota data internet

Baca juga: Siswa dan Guru Pangkep nikmati subsidi kuota gratis

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cilegon luncurkan layanan internet publik di perkampungan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar